ANALISIS PROMOSI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA KOJA DOI KABUPATEN SIKKA

Main Article Content

Beato A C Glasa
Rolland E Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi objek wisata Desa Koja Doi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada promosi pariwisata Desa Koja Doi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa Observasi, Wawancara, kuesioner dan Dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi pengembangan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka dan Desa Koja Doi ialah Pembuatan unit kerja oleh Desa Koja Doi dalam kerjasama  mempromosikan objek wisata yang ada di  Desa Koja Doi, pembangunan akomodasi pada objek wisata unggulan yang inovatif, Manajemen pariwisata berbasis masyarakat dan kebudayaan  lokal dan Peningkatan sumber daya manusia (SDM). Berdasrkan analisis data yang dihasilkan pada diagram SWOT dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus diterapkan adalah strategi agresif. Sehingga alternatif strategi yang tepat diterapkan  adalah memaksimalkan promosi dan menjaga kualitas objek wisata.


Kata kunci : Promosi Pariwisata, Analisis SWOT, Desa Wisata Koja Doi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Glasa, B., Fanggidae, R., Dhae, Y., & Amtiran, P. (2023). ANALISIS PROMOSI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA KOJA DOI KABUPATEN SIKKA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1331-1343. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11773
Section
Articles

References

Atiko, G,.Sudrajat, R. H. dkk. (2016). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh kementrian pariwisata RI. Jurnal Sosioteknologi. 15(3), 378–89.
Avinda, C. B. Sudiarta, I. N. dkk. (2016). Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata). Jurnal IPTA, 4.(1), 55.
Djayakusumah. (2010). Periklanan. Bandung: Rosda Karya.
Dharmmesta, B. S, & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Effendy, O. U. (2017). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. BPFE-Yogyakarta.
Kesrul, M. (2003). Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta: PT. Grasindo.
Kotler, P., Armstrong. (2014). Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Meyers, K. (2009). Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Unesco Office.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pendit, N. S. (2003). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT. Pradaya Paramita.
Pitana, I. G & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar ilmu pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Sinaga, S. (2010). Potensi dan Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Sumatera Utara: Kertas Karya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Offset.
Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(2), 195-201.
Yoeti, O. A. (2006) . Pengantar ilmu pariwisata. Bandung: PT. Angkasa.