PENGARUH PENGETAHUAN, PENGALAMAN KERJA AUDIT, MOTIVASI DAN OBJEKTIVITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (PADA INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR)

Main Article Content

Natalia Anggraini Ine
Anthon S Y Kerihi
Minarni A Dethan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pengalaman kerja audit, motivasi dan objektivitas terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan pada auditor di Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 52 auditor. Teknik analisis data yang digunakan adalah yang pertama uji statistik deskriptif, kedua uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, ketiga dilakukan uji regresi linear berganda, keempat dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, dan yang terakhir dilakukan uji hipotesis yang meliputi, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan program aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan, pengalaman kerja audit, dan objektivitas berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan motivasi berpengaruh negatif terhadap kualitas audit. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa pengetahuan, pengalaman kerja audit, motivasi dan objektivitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas audit.


Kata Kunci : Pengetahuan, Pengalaman Kerja Audit, Motivasi, Objektivitas dan Kualitas Audit

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ine, N., Kerihi, A., & Dethan, M. (2024). PENGARUH PENGETAHUAN, PENGALAMAN KERJA AUDIT, MOTIVASI DAN OBJEKTIVITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (PADA INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 129-142. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.13053
Section
Articles

References

Agoes, S. (2012) Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. 4 ed. Jakarta: Salemba Empat.
Ardianingsih, A. (2019) Audit Laporan Keuangan. 2 ed. Diedit oleh B.S. Fatmawati. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (2021) Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia.
Hasibuan, A.N., Annam, R. dan Novinawati (2020) Audit bank Syariah. 1 ed. Jakarta: Kencana.
Laksita, A.D. dan Sukirno, S. (2019) “Pengaruh Independensi, Akuntabilitas, Dan Objektivitas Terhadap Kualitas Audit,” Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 8(1), hal. 31–46. Tersedia pada: https://doi.org/10.21831/nominal.v8i1.24497.
Lubis, J. dan Jaya, I. (2021) Komitmen Membangun Pendidikan (Tinjauan Krisis Hingga Perbaikan Menurut Teori). Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.
Manurung, S., Firmansyah, H., Nurhidayah., Suryaningsih., Suryandari, N.A.N., Soedarwati, E., Susandya, A.A.P.G.B.A., Sululing, S., Sinaga, M.H.,Sari, W.O.I.,Werastuti, D.N.S., Wahidahwati., Dewi, D.K., Aryanto, S., Paradita, B. (2021) Auditing. Diedit oleh S. Bahri. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur (2019) Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 4 Tahun 2019.
Purba, R.B. dan Umar, H. (2021) Kualitas Audit & Deteksi Korupsi. 1 ed. Medan: Merdeka Kreasi.
Suhayati, E. (2021) Auditing Teori dan Praktik Dasar Pemeriksaan Akuntan Publik. Bandung: Rekayasa Sains.
Werastuti, D.N.S., Hayati, N., Nurhidayah., Almunawwaroh, M., Darmawati., Hermawan, A., Sari, W.O.I., Wardhana, A., Kartikasari, I., Soedarwati, E., Yusran, M., Diana, F. (2022) Internal Audit. Diedit oleh S. Bahri. Bandung: CV Media Sains Indonesia.