PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS FEAPOPI KABUPATEN ROTE NDAO

Main Article Content

Vinsensia Sulastri Darus
Rolland E Fanggidae
Clarce S Maak
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Feapopi Kabupaten Rote Ndao baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif dan menggunakan pendekatan kuantitaif dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode slovin dengan pengambilan sampel  menggunakan teknik simple random sampling mendapatkan 39 responden dari keseluruhan populasi. Data primer diperoleh dengan kuesioner yang diisi langsung oleh responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji secara simultan budaya organisasi dan komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini, yaitu bagi Puskesmas Feapopi Kabupaten Rote Ndao diharapkan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas budaya organisasi dan komunikasi yang dimiliki dalam lingkungan kerjanya, guna meningkatkan kinerja karyawan karena budaya organisasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang dominan terhadap kinerja pegawai. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya dan mengembangkan model penelitian yang berrbeda dengan penelitian ini, seperti menambahkan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini untuk mengembangkan variabel budaya organisasi, dan komunikasi terhadap kinerja pegawai dengan skala yang lebih besar baik dari sisi sampel maupun jenis organisasi.


Kata Kunci : Budaya Organisasi, Komunikasi, Kinerja Pegawai

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Darus, V., Fanggidae, R., Maak, C., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS FEAPOPI KABUPATEN ROTE NDAO. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 507-519. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13777
Section
Articles

References

Amirullah 2015. Pengantar Manjemen Fungsi - Proses - Pengendalian. jakarta: MitraWacana Media.
Effendy, O.U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fauzy, A. 2020. Manajemen Kinerja. Jawa Timur: Airlangga University Press.
Hardiyanti, N. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus pada PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bogor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hasibuan, M.S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara, A.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.
Mathis, Robert L. dan Jhon. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan: Jimmy Salibi dan Bayu Prawira. Jakarta: Salemba Empat
Pakpaha, E.Grace. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Swasta Sultan Agung Pematang Siar. Journal FEB UNMUL Kinerja (pISSN: 1907-3011 - eISSN 2528-1127): 131–138.
Purwanto, D. 2017. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Riinawati 2019. Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Banjarmasin: Pustaka Baru Press.
Riono, S.B. 2020. Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi Terhada Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syantax Idea, 2: 138–147.
Rivai dan Mulyadi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Robbins, P.S. 2015. Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi. Jakarta.
Sinaga, dkk. 2020. Manajemen Kinerja Dlam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
Sinambela, Lijan Poltak. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono 2016. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2010. 2015. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.
Tewal, S.F. 2017. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Daerah MarianWalanda Maramis Minahasa Utara. Jurnal EMBA, 5(ISSN: 2303-1174): 3744–3753.
Wibowo 2016. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Depok: RajaGrafindo Persada.