PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEWS, CELEBRITY ENDORSERS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS.GLOW (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MS.GLOW DI KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian skincare Ms. Glow studi kasus pada konsumen Ms. Glow di Kota Kupang. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian Kuantitafif Asosiatif. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Kupang yang telah memenuhi syarat dan jumlah responden sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara secara langsung. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Instrumen, validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan Penghitungan uji validitas ini menggunakan bantuan Statistical Package forthe Social Science (SPSS).Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa online customer review dan celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembeli pada ms.glow sedangkan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada ms.glow . Secara simultan online customer review, celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukan bahwa ada pengaruh sebesar 80,4% pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (y) yang dipengaruhi oleh online customer review, celebrityendorser, dan brand image. Sedangkan sisanya 19,6% dipengaruhi oleh factor lain di luar dari penelitian ini
Kata Kunci: online customer review , celebrity endorser, brand image dan keputusan pembelian
Downloads
Article Details
References
Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, Kaniz Fatema. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age. International Journal of Management Science and Business Administration. Volume 1, Issue 5, April 2015, Pages 69-80
Almana,AmaliMiandiAbdulrahmaniA.iMirza. (2013).iThe ImpactiofiElectroniciWord of MouthioniConsumers’iPurchasingiDecisions. InternationaliJournaliofiComputer Applicationi (0975 – 8887) iVolumei82 –iNo.9i, iNovember i2013idulrahmaniA. iMirza. i (2013
Aribowo, D.P.J. dan Nugroho, M.A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived Of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. JurnalNominal, Vol. II, No. 1, Tahun 2013
Cholifah, N., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 170–177.
Evans dan McKee. (2010). Social Media Marketing The Next Generation of Business Engagement, Wiley Publishing, Inc : Canada.
Fanggidae, A.A., Fanggidae, R.P.C., Riwu, Y.F. and Amtiran, P.Y., (2024). The Influence of Celebrity Endorsements on Purchase Interest in Online Shops Through Instagram (Study on Instagram Followers @btr_meyden). Proceedings of the International Conference on Economic Management, Accounting and Tourism (ICEMAT 2023), 1(1), pp.110-119.
Febriana, M dan Yulianto, E (2018). Pengaruh Online Consumer Review OlehBeauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58 No. 1 Mei 2018.
Hapsari, Nanda, (2010). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi dan Locus Of Control sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada PT. Adhi Karya Persero, Tbk. Divisi Konstruksi I), Universitas Diponegoro Skripsi Strata Satu Akuntansi
Hansudoh, S. A. (2012). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention melalui perceived value pada produk top coffee di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5).
Ifeanyichukwu, C. D. (2016). Effect of celebrity endorsement on consumers purchase decision in Nigeria. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 3(9), 103–110.
Khammash, M.. (2008). Electronic Word of Mouth: Antecedents of ReadingCustomer Reviews in On-line. Opinion Platforms: A Quantitative Study From the UK Market. ADIS International Conference
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Lackermair, G., Kailer, D. & Kanmaz, K.. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer ’ s Perspective. Vol. 1(1), pp.1–5.
Liu, C.-H., & Tsai, W.-S. (2010). The Effects Of Service Quality and Lifestyle On Consumer Choice of Channel Types. African Journal of BusinessManagement Vol. 4 (6), 1023-103
McCracken, G. (1989). Who Is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310–321. https://doi.org/10.1086/209217
Park, C. and Lee, T.M. (2009) Information Direction, Website Reputation and eWOM Effect: A Moderating Role of Product Type. Journal of Business Research, 62, 61-67.
http://dx.doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.11.017
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, (2010), Metodologi Penelitian, Edisi Pertama, C.V Andi Offset.
Setiadi, Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Group.
Susanti, R. A. D. (2017). Brand Image Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Dan Menggunakan Produk Cream Wajah Garnier. Jurnal EKSEKUTIF, 14(1), 120–135.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya