HARGA, KEPUTUSAN PEMBELIAN, GAYA HIDUP: STUDI PADA SMARTPHONE SAMSUNG

Main Article Content

Maria Brialin Hurit
Apriana H J Fanggidae
Yonas F Riwu
Markus Bunga

Abstract

Penelitan ini bertujuan Untuk Menguji dan Menganalisis Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Pemoderasi pada Mahasiswa Fakulras Ekonomi dan Bisnis Undana Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana Kupang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear sederhana, uji MRA, uji t, dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS IBM 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif terhadap  keputusan pembelian, Pengujian ini menunjukan bahwa Harga mampu mepengaruhi Keputusan Pembelian. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh Harga terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana Kupang tinggi. Selain itu gaya hidup memperlemah hubungan antara harga dan keputusan pembelian. Hal ini mengartikan bahwa setelah melakukan penelitian di ketahui gaya hidup memperlemah pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone samsung sebesar 10% sedangkan sisanya 90% dipengarui oleh variabel lain seperti pembelian produk bermanfaat, kesukaan atau menanjakan diri, gaya hidup mewah, dan hasrat kemewahan.


Kata Kunci : Harga, Keputusan Pembelian, Gaya Hidup

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hurit, M., Fanggidae, A., Riwu, Y., & Bunga, M. (2024). HARGA, KEPUTUSAN PEMBELIAN, GAYA HIDUP: STUDI PADA SMARTPHONE SAMSUNG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 827-835. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.15107
Section
Articles

References

Dharma, N. P. S. A., & Sukaatmaja, I. P. G. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10).
Dharma, N. P. S. A., Sukaatmaja, I. P. G., Kuncoro, M., Ghozali, I., Sugiyono, Priyatno, D., Ghanimata, F., Kamal, M., Armayani, A., Jatra, I. M., Kotler dan Keller, Kotler, P., Keller, K. L., Sudaryono, Swastha, B. D., Handoko, H., Freddy Rangkuti, Kotler, P., Machfoedz, M., … Basu Swastha dan T Hani Handoko. (n.d.). No Title. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20
Dian Setiyaningsih, (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2).
Herman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran.
Husni Mubarok. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng “Bresto” Di Ud. Arshaindo, Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(4).
Kana, M. D., Fanggidae, A. H., Riwu, Y. F., & Foenay, C. C. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo di Kota Kupang. INDONESIAN JOURNAL ECONOMY AND MANAGEMENT, 1(1), 1-9.
Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen (Vol. 000, Issue November 2016).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ke-16. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7, p. 1835). Erlangga.
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HELM KBC. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2). https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.113
Nugraha, Hilman Mulya, (2019) Alasan Mengapa Hp Samsung Mahal Harganya
Sangadji, E. mamang, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. In Andi.
Solihin, D. (2020). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mowen, J. C., & Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga. Jurnal Mandiri, 4(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). In Alfabeta Cv.
Sutopo, (2018). Pengaruh Ekuitas merk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Kota Jambi
Tanama Putri, B. R. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. In Liberty, Yogyakarta