PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI LANGSUNG DAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KUPANG TRADE CENTER

Main Article Content

Odilia Letek Nilan
Paulina Y Amtiran
Merlyn Kurniawati
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Di era globalisasi ini kemajuan teknologi dan informasi semakin berkembang dan menjadikan kebutuhan manusia ikut berkembang dan semakin kompleks. Perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin beragam salah satunya yaitu Kupang Trade Center yang merupakan Kupang Trade Center  (KTC)  merupakan salah satu industri fashion yang sangan pesat perkembangan khususnya di Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi langsung dan promosi digital terhadap minat beli konsumen pada Kupang Trade Center (KTC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Kupang dengan jumlah 96 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan promosi digital secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sedangkan harga dan promosi langsung secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan secara simultan produk, harga, promosi langsung dan promosi digital berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Kupang Trade Center (KTC).                     


Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi Langsung, Promosi Digital dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nilan, O., Amtiran, P., Kurniawati, M., & Fanggidae, A. (2024). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI LANGSUNG DAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KUPANG TRADE CENTER. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 895-905. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.15115
Section
Articles

References

Angipora, Marius P. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.
Dewa, Ndaru Kusuma, (2009). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus StarOne di Area Jakarta Pusat). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Endico, Samuel Gianluca (2017) Pengaruh produk, harga, promosi penjualan, pemasaran langsung dan digital terhadap minat beli (studi kasus pada konsumen Nimco Royal Store di Yogyakarta). Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Ferdinand, A.T, 2006, “SEM Dalam Penelitian Manajemen”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia.
Fitria, A. (2016). Pelaksanaan Promosi Penjualan Makanan Korea Pada Daebak Fan Cafe Margonda Depok. 14–31.
Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFEYogyakarta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Krisdayanto, Iqbal. (2018). Pengaruh harga, kualitas konsumen, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan Konsumen I Café. Semarang (ID). Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kasmiyati K, (2019) Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Suracojaya Abadi Motor Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa. PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHMAKASSAR MAKASSAR.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Rachmadita, Ikhfa Budi (2020) Pengaruh Produk, Harga, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung Dan Digital Terhadap Minat Beli Konsumen Natasha Skin Clinic Center Banjarmasin. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Ridwansyah, Ardhi. 2017. Instant Marketing For Busy People : Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi. Jakarta.
Riyono, & Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas , Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, NO. 2, Edisi Juni 2016 , 101.
Sánchez -Franco, M. J., Peral -Peral, B., & Villarejo -Ramos, Á. F. (2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web -based educational environment. Computers & Education, 74, 81 – 97.
Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta
Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Supariyani, Emmy, (2004), Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadapa Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor, Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 4, No. 1, April 2004: 69-74.
Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Supriyadi et. al., Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang), (Malang: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 1, 2016)
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for AcademicPublishing Service).
Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariative Dengan
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Veronika Susirosalina Limbong, 2016. Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Daya Tarik Wisata Cibulan Kabupaten Kuningan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wibisaputra, Aditzya. 2011. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Wulandari,A. 2016. Penerapan Bauran Promosi Pada Warung Martabak Jayaraga Cabang Terusan Buah Batu Bandung Tahun 2017. e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017 | Page 507