RELATIONSHIP MARKETING MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET TIMOR RAYA OESAPA KUPANG

Main Article Content

Destiana Olok Talo
Markus Bunga
Yonas F Riwu
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8, Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus unknown populations. Penelitian ini dilakukan pada pelanggaan Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8 Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultanrelationship marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8. Relationship marketing sangat pentinng dalam perkembangan suatu perusahaan, Oleh karena ituperusahaan perlu meningkatkan dan menjaga hubungan (relationship) untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang ada.


Kata Kunci : Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Talo, D., Bunga, M., Riwu, Y., & Fanggidae, R. (2024). RELATIONSHIP MARKETING MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET TIMOR RAYA OESAPA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 769-777. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.15342
Section
Articles

References

Algahtani, A. F. (2011). Evaluating the Effectiveness of the E-Learning Experience in SomeUniversities in Saudi Arabia Frim Male Students Perceptions.
Apriliani, D. et al.(2020) ‘Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard’, Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), pp. 20–30. Available at: https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214.
Aziah, A., & ADAWIA, P. R. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi., 18(2), 149–156.
Gultom, D. A. P., & Rohman, F. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2016) Principles of Marketing. England: Pearson.
Kotler, P., Keller, K. and Chernev, A. (2021) Marketing Management (16th Ed.). Global Edi. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan K.L.K. (2016) ManajemenPemasaranedisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Maksud, N. L., & Saputri, M. E. (n.d.). Pengaruh Penerapan RelationshipMarketing dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Hotel Kirei Bantaeng The EffectofRelationshipMarketingImplementation in IncreasingCustomerSatisfactionandLoyaltyatKirei Bantaeng Hotel.
Ramadhan, V. F. (2018). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MENGINAP DI VILA LOTUS BALI SKRIPSI.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Journal.
Supertini, N.P.S., Tel. (2020) ‘Pengaruhkepercayaan dan kepuasanpelangganterhadaployalitaspelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja’, Prospek: JurnalManajemen dan Bisnis, 2(1), p. 61. Available at: https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201.agawati, N.L.W.S. and Yulianthini, N.N
Wibowo, A.E. (2018) ‘Pengaruhharga dan kualitasprodukterhadaployalitas’, Prosiding 2nd Business and economics conference in Utilizing of Modern Technology, 1(2).