PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA XL DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi dan dunia digital pada masa globalisasi saat ini, khususnya pada bidang telekomunikasi mengalami kemajuan yang cukup pesat, salah satunya yaitu perusahaan telekomunikasi XL yang merupakan perusahaan penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi yang terbesar di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang dengan jumlah 90 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas (Sig) 0,027 < 0,05, sikap konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0,05 dan secara simultan persepsi dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL dengan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0,05.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Persepsi, dan Sikap Konsumen
Downloads
Article Details
References
Azwar. (2013). Sikap Manusia; Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta:Pustaka.
BPS. (2023). Persentase Penduduk yang Mengakses Internet (Termasuk Facebook. Twitter. BBM. Whatsapp) dalam 3 Bulan Terakhir (Persen), 2021-2023. Https://Ntt.Bps.Go.Id. https://ntt.bps.go.id
Celsiana, Ekowati & Prasaja (2020). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati Di Purworejo). Skripsi
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta:Graha Ilmu Empat.
Gozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Warnadi, & Triyono, A. Jakarta:CV. Budi Utama.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta:PT Indeks.
Kusumaningtiyas. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda (Studi Kasus Di Kota Lhokseumawe). Visioner Dan Strategis Manajemen.
Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran;Pendekatan Praktis. Yogyakarta:Graha Ilmu
Maulana, Nawangsih, S. (2019). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jrunal of Organization and Bussines Management.
Ratri, L. E. (2007). Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi
Sari, Nepya Mustika (2012). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Reguler Mandiri Universitas Andalas). Skripsi Andalas Padang Univercity.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta:PT Indeks.
Senjaya, S., & Pawitra, T. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta:PT. Remaja Rosdakarya.
Slamento. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka cipta.
Sugiarto, R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Paket Layanan Internet XL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bnadung:Alfabeta.
Sumarwan, U. (2013). Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.
Sutanty, M., & Damayarsi, D. (2023). Analisis Persepsi Dan Sikap Konsumen Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Di Sumbawa Besar. Jurnal Riset Dan Kajian Manajemen, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.58406/samalewa.v3i2.1333
Swastha, B & Handoko, T. . (2009). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFF Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi Empat. Bandung: CV Andi Offset.
Top Brand Award. (2024). Top Brand Index Fase 1 2024. Https://Www.Topbrand-Award.Com/Top-Brand-Index/.
Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta:CV Andi.
Winardi, J. (2009). Manajemen Perilaku Organisasi. Yogyakarta:Kencana.
xlaxiata.co.id. (2022). XL Axiata. https://www.xlaxiata.co.id/id/tentang-xl-axiata/riwayat