STRATEGI CROSS SELLING : MENINGKATKAN PENGGUNA KARTU BRIZZI PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi cross selling dalam meningkatkan pengguna kartu Brizzi pada Bank Rakyat Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive untuk memperoleh informasi dari 8 informan yang terdiri dari karyawan BRI dan nasbah. Data selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis SWOT untuk menentukan strategi. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi cross selling untuk meningkatkan pengguna kartu Brizzi adalah efektif dilakukan dibuktikan dengan adanya peningkatan pengguna kartu Brizzi yang signifikan. Cross selling dilakukan dengan melakukan pendekatan secara langsung dengan nasabah, melakukan edukasi dan sosialisasi, dan melakukan kerja sama dengan stakeholder. Di antara hambatan yang timbul seperti nasabah yang kurang berminat menggunakan kartu Brizzi dan rendahnya literasi masyarakat mengenai kartu Brizzi.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Cross Selling, Kartu Brizzi
Downloads
Article Details
References
Chasin. (2003). Implementation of A Cross-Selling Strategy for A Large Midwestern Healthcare Equipment Company (Ph. D Dissertation) (U. of Carbandole (ed.)). Dapertement of Psychology.
Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
M Arif, YF Riwu, A Hasya, DK Fuadi, R Rina, S Holisoh. (2024). Strategi Pemasaran. PT Penamuda Media.
Muhammad Zubaidi, M., & Suhartono, S. (2020). Penggunaan E-Money Brizzi Sebagai Alat Pembayaran Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Analisis Terhadap Produk E-Money Brizzi Pada Bank Bri Kantor Cabang Blora). Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 4(1). https://doi.org/10.30651/justeko.v4i1.5231