EXPERIENTIAL MARKETING, ATMOSPHERE STORE DAN BRAND AWARENESS : STUDI EMPIRIS DI CAPITAL CAFE KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan atmosphere store terhadap peningkatan brand awareness pada Capital Café Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Capital Café Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 96 konsumen dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan kuesioner. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing dan atmosphere store secara parsial maupun simultan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness di Capital Café Kupang meskipun masih berada pada tahap brand recognition. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa café yang mampu menciptakan pengalaman yang menarik dan suasana yang nyaman dapat meningkatkan pengenalan merek di kalangan konsumen dan penting untuk memperkuat posisi café di pasar.
Kata Kunci : Experiential Marketing, Atmosphere Store, Brand Awareness
Downloads
Article Details
References
Desriani. (2021). Pengaruh store atmosphere dan experiental marketing terhadap minat kunjung kembali di cafe koloni tretes Kabupaten Pasuruan. UPN" VETERAN’JAWA TIMUR. In Nizar, N. S. (Issue 2504). http://repository.upnjatim.ac.id/3913/%0Ahttp://repository.upnjatim.ac.id/3913/2/1.PDF
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT.Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Imron, A., & Ariyanti, R. (2023). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, STORE ATMOSPHERE AND EXPERIENTIAL MARKETING ON REPATRONAGE INTENTIONS THROUGH BRAND AWARENESS AS AN INTERVENING VARIABLE. STABILITY Journal of Management & Business, 6(2).
Jordhi. (2020). Tren Tempat Usaha Instagramable, Apakah Menguntungkan? Moka Blog. https://www.mokapos.com/blog/instagramable
Kartajaya, H. (2012). #44 YWN Is Youth, Women, adn Netizen. Hermawan Kartajaya Serial 100 Tulisan.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th, Jilid ed.). Erlangga.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. Pearson Education.
Kustini. (2007). Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 17, 44–57.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama.
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2012). Retailing Management (8th edition) (8th ed.). McGraw-Hill Education.
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2013). Retailing Management (9th edition). (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis (2nd ed.). Mitra Wacana Media.
Meldarianda, R., & S. Lisan, H. (2010). Store atmosphere. PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA RESORT CAFÉ ATMOSPHERE BANDUNG, 17(2), 97–108.
Rahman, W., & Salam, S. (2023). PENGARUH INTERNET MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA KOPI HUB CAFE MAKASSAR. JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI), 20(1), 1–17. https://doi.org/10.26487/jbmi.v20i1.27042
Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Alfabeta.
Sagia, N., & Putri, E. (2023). Pengaruh Café Atmosphere , Product Assortment dan Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Generasi Milenial Fox Coffée Jember ). 24(2), 172–182.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2014). Consumer Behaviour. Pearson Prentice Hall.
Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer Experience and Experiential Marketing: A Critical Review, in Naresh K. Malhotra (ed.). 10, 25–61.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan konsumen (3rd ed.). Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2023a). Hipotesis. In Statistik Untuk Penelitian (Cetakan ke, pp. 84–91). ALFABETA.
Sugiyono, D. P. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). CV. ALFABET.
Sugiyono, D. P. (2023b). Statistika Untuk Penelitian (32nd ed.). CV. ALFABET.
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 32(1), 25–41. http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Andi.
Utami, C. W. (2018). Manajemen Ritel : Strategic dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.