MODEL PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI STUDI PADA UMKM KRIPIK MADANI DI KOTA ENDE
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui model kompetensi kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, inovasi dan kinerja bisnis pada UMKM Kripik Madani di Kota Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisa Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis yang berlangsung saat ini dan berdasarkan analisis SWOT sehingga dihasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat menjadikan model ini pedoman untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja bisnisnya untuk masa-masa yang akan datang. Hasil identifikasi model bisnis, UMKM Kripik Madani dalam menjalankan bisnisnya memenuhi sembilan elemen BMC. Berdasarkan diagram analisis SWOT, posisi UMKM Kripik Madani berada pada kuadran I dengan kondisi bisnis progresif yang artinya berada pada situasi yang menguntungkan dari sisi peningkatan jumlah permintaan dan disebabkan oleh harga yang mudah dijangkau. Dalam Business Model Canvas (BMC) diperlukan beberapa pengembangan baru sebagai persiapan perusahaan menghadapi persaingan saat ini dan persaingan bisnis masa depan. Pada elemen BMC elemen yang harus fokus dikembangkan berdasarkan hasil analisis SWOT, yaitu elemen Key Activities, elemen Customer Relationships, dan elemen Channels.
Kata Kunci : Model peningkatan Kinerja bisnis, Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, UMKM Kripik Madani
Downloads
Article Details
References
Dhamayantie, E. (2018). Kewirausahaan Untuk Meningkatkan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan Vol. 12, 120 No. 2, Agustus 2018, 11(1), 80–91.
Fatimah, D., Yunita, T., & Rizki, Y. (2024). ANALISIS SWOT PADA KOPI KENANGAN. Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(12).
Fitriani, F., & Noor Andriana, A. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(1), 54–66. https://doi.org/10.58344/locus.v3i1.2415
Hasna, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja UMKM. Journal Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 17(1), 7. https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/4693
Jamira, A., & Asmas, D. (2024). Analisis Strategi Bisnis UMKM Jambi “Wonderfulplan.Jasadekor” dengan Metode Business Model Canvas (BMC). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 779. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4687
Mubarik, L. D., Nak-jun Kim, & & B. K. I. (2023). Entrepreneurial Competencies and Success of SMEs in Changwon , South Korea. Journal of Entrepreneurship & Project Management, 7(8), 1–11.
Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23. https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.771
Nainggolan, A. (2018). COMPETITIVE ADVANTAGE DAN UPAYA MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN. Jurnal Manajemen, 4, 1–14.
Ng, H. S., & Kee, D. M. H. (2013). No Effect of entrepreneurial competencies on firm performance under the influence of organizational culture. Life Science Journal 2013;10(4), 2459–2466.
Pravitasi, A. H. dan R. J. (2013). Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ). Akselerasi.Id, 1–23.
Rompis, J. E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Usaha Kerajinan Kayu Di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 447. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.40691
Suprapto, H. A. (2015). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Memperkuat Cadangan Devisa Negara melalui Ekspor. Journal of Applied Business and Economics, 2(2), 151–160.
Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631
Yuanita, I., Nurhayati, & Yoyet, E. (2018). Strategi Peningkatan Skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengan (UMKM) di Kota Padang. Jurnal Polibisnis, 10(2), 32–45.