PENGARUH PROGRAM FLASH SALE DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP IMPULSIF BUYING KONSUMEN TIKTOK SHOP KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Flash sale dan Gratis Ongkos Kirim berpengaruh terhadap Impulsif Buying konsumen Tiktok Shop di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk sampel pada penelitian ini terdapat 100 responden konsumen Tiktok Shop di Kota Kupang. Analisis data yang digunakan meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, uji mulltikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Flash sale secara parsial berpengaruh terhadap Impulsif Buying konsumen Tiktok Shop di Kota Kupang, (2) Gratis Ongkos Kirim secara parsial berpengaruh terhadap Impulsif Buying konsumen Tiktok Shop di Kota Kupang, (3) Flash sale dan Gratis Ongkos Kirim secara simultan berpengaruh terhadap Impulsif Buying konsumen Tiktok Shop di Kota Kupang.
Kata Kunci : Flash sale, Gratis Ongkos Kirim, Impulsif Buying
Downloads
Article Details
References
Akdon & Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. (Alfabeta (ed.)).
Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Siaran Iklan dan Gratis Ongkos Kirim sebagai Tipu Muslihat di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada E-Commerce Shopee) Universitas Telkom. 571–579.
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://doi.org/https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Apriadi, & Saputra, A. Y. (2017). ECommerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartono, K). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang (ed.)).
Herlina, Loisa, J., & Mulyana, T. (2021). The Impact Of Flash Sale Countdown Timer in Marketplace Online On Purchase decisions with Buying Intention As Intervening. Jurnal Digismantech, 1(1), 11–17. http://journal.ubm.ac.id/index.php/digismantech
Hermawan, A. D. (2013). E-business & E-commerce (Andi (ed.)).
Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020). Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3, 57–61.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. In Marketing Management.
Krisdanu, C. A., & Kiranastari S. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
Malau H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Novita Sari, V. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon, dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha]. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5955
Pratiwi, F., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. A. (2024). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation , Flash Sale Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-commerce Zalora Di Kota Manado The Influence Of Hedonic Shopping Motivation , Flash Sale And Shopping Lifestyle On Impulse Buying Among Zalora. 12(3), 368–378.
Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. N. K. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Tembus 113 Juta, Terbesar Kedua di Dunia. https://doi.org/https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna-tiktok-di-indonesia-tembus-113-juta-terbesar-kedua-di-dunia
Rizkya, S. N., Sarah, S., & Fanji, F. W. (2024). Pengaruh Flash Sale, Gratis Ongkos Kirim, dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1629
Rook, D. W., & Hoch, S. J. (1985). Consuming Impulses. NA-Advances in Consumer Research, 12, 23–27. https://www.acrwebsite.org/volumes/6351/.
Saebah, N., & Layaman. (2020). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Terhadap Impulse Buying Dengan Flash Sale Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce Shopee. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 11(1), 11–20. https://journal.ikopin.ac.id
Sciffman dan Kanuk. (2015). Consumer Behavior (Global Edition (ed.); 11th ed.).
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga.
Shofwan, H. (2010). pengaruh Dimensi Big Five Personality Terhadap Kecendrungan Pembelian Impulsif (Universitas Sumatra Barat (ed.)).
Solomon, M. (2017). Consumer Behavior (Buying Having And Being) (New Jersey: Prentice Hall (ed.); 12th ed.).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulistianti, R. A. & N. S. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z pada Online Shop Smilegoddess di Media Sosial Tiktok). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). 6 (1), 3456–3466. https://doi.org/https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2861
Sumarwan, U. (2011). perilaku konsumen: teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syauky A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). 2(8.5.2017), 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Tiktok. (2024). Panduan Komunitas Gambaran Umum. https://www.tiktok.com/community-guidelines/id/overview
Tjiptono, F. (2016). service, Quality & satisfaction (Andi (ed.)).
Tjiptono F. (2018). Strategi Pemasaran (ANDI (ed.)).
Utama, L. & N. P. B. (2018). Ini penyebab kominfo putuskan blokir tiktok. Www.Viva.Co.Id. Https://Www.Wartaekonomi.Co.Id/Rea d293550/Asal-Mula-TikTokDiganderungi-Milenial-TapiPenuhKontroversial?Page=2.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (S. Empat (ed.)).
Wangi, L. P., & . S. A. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3424
Zakiyyah, A. M. (2018). pengaruh flash sale terhadap pembelian impulsif online pada toko online “pulchgallery.” 4 no.1, 63–70.