PENGARUH TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK BRI UNIT ELTARI KEFAMENANU

Main Article Content

Eleonora Fransiska Bria
Apriana H J Fanggidae
Yonas F Riwu
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Internal Marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (2) Pengaruh Eksternal Marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (3) Pengaruh Interactive Marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (4) Pengaruh Internal Marketing, Eksternal Marketing dan Interactive Marketing terhadap keputusan nasabah menabung. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah  jenis penelitian survey, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, populasi dalam penelitian adalah Nasabah Penabung pada Bank BRI Unit Eltari Kefamenanu dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptik, Analisis Statistik Inferensial, Uji Instrumen Penelitian yaitu Uji Validitas dan Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Multikolineritas, Analisis Rgresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis adalah Uji T, Uji F dan Uji R2 dengan olah data menggunakan aplikasi SSPS IBM V21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internal Marketing memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung, Eksternal Marketing memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung, sedangkan Interactive marketing memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung.


Kata Kunci : Triangle marketing, Internal Marketing, Eksternal Marketing, Interactive Marketing, Keputusan Nasabah Menabung

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bria, E., Fanggidae, A., Riwu, Y., & Bunga, M. (2025). PENGARUH TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK BRI UNIT ELTARI KEFAMENANU. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(5), 1531-1540. https://doi.org/10.70581/glory.v6i5.19724
Section
Articles

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Anshori, A. T. H. (2007). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP). 1, 11–35.
Baidu. (2017). Pengertian Tabungan Tabungan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dianti, Y. (2007). Objek dan Metode Penelitian Data Sekunder. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iaintulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Elvetta, O., Suryabi, A., Jokom, R. (2018). Analisa Komunikasi Pemasaran Interaktif melalui Instagram Restoran Madame Chang dan Hubungannya dengan Respon Konsumen. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6 (2),
Evelina, L. W., & Angeline, M. (2014). Komunikasi Vertikal dan Horizontal dalam Membentuk Gaya Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal: Studi pada Binus University. Humaniora, 5(1), 445.
Gusnawati, R., Utami, H. Y., & Sari, M. K. (2014). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Batang Kapas Cabang Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 1–11.
George R. Terry Nuzulia, A. (2005). Keputusan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Ghazali, Nuriefandi, & Alwy. (2009). Metode Penelitian. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Hasan, H. (2023). Pengaruh Internal Marketing , Eksternal Marketing dan Interactive Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Muamalat Tbk Kantor Cabang Utama Makassar. Journal of Businees, Technology, and Social Science, Volume 1(Nomor 5), hal 1-22.
Keller, K. dan, & (2016). (2016). Sufandy, Analisis dan Penerapan Bauran Promosi Pada Toko Adore Batam, 2019.
Kurtz. (2008). Strategi Pemasaran Pt Telekomunika Anugerah Mandiri Sebagai Distributor Smartfren Untuk Meningkatkan Target Penjualan. 7–27. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10783
Kotler, Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kaurav R.P.S., (2015), Assessing impact of Internal Marketing on business performance, European Journal of Tourism Research, 10, pp.136-139.
Kotler, P. (2008). Principles of Marketing (12th ed., with G. Armstrong). Erlangga.
Khan, & Katz, A. (2005). Vertical Communication. Humaniora, 5(1), 445. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3044
Lolo, I. N. T. A., Zulaikha, & Siti. (2019). Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan konsumen yang menabung pada PT bank mandiri. Revista
Sugiyono, (2023). Metode Penelitian: Studi Kasus (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & Kombinasi) (Edisi Vol. 1, M. P. Dr. Rina Fadilah, Ed.). CV Alfabeta.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.