ANALISIS PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DIAMOND MOBILE LEGEND (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

Main Article Content

Alex Mado Kewuan
Apriana H J Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas nusa cendana kupang. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mendeskripsikan variabel Influencer Marketing, Harga dan Minat Beli; 2) Menganalisis pengaruh influencer marketing terhadap minat beli Diamond Mobile Legend; 3) Menganalisis pengaruh harga terhadap minat beli Diamond Mobile Legend: bang bang; 4) Menganalisis pengaruh influencer marketing dan harga secara secara bersama-sama terhadap beli Diamond Mobile Legend. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan adalah purposive sampling, dengan rumus slovin diperoleh 100 responden. Adapun dalam menganalisis dan menghitung besarnya pengaruh secara keseluruhan variabel Influencer Marketing dan harga terhadap variabel Minat Beli yang diolah menggunakan program komputer SPSS versi 26. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa Influencer Marketing dan Harga secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Diamond Mobile Legend.


Kata Kunci : Influencer Marketing, Harga dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kewuan, A., Fanggidae, A., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2025). ANALISIS PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DIAMOND MOBILE LEGEND (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSA CENDANA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(5), 1803-1814. https://doi.org/10.70581/glory.v6i5.21613
Section
Articles

References

Abidin, C. (2016). “Aren’t These Just Young, Rich Women Doing Vain Things Online?”: Influencer Selfies as Subversive Frivolity. Social media society, 2(2), 1-17.
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49- 61.
Asrori, M. I. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Diamond Mobile Legend Pada Game Mobile Legend (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan) (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).
Fitri, T. A., & Syaefulloh, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review pada Fashion Terkini di Tiktok Shop. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6), 3946. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2821
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ho, C. H., & Wu, T. Y. (2012). Factors affecting intent to purchase virtual goods in online games. Int. J. Electron. Bus. Manag., 10(3), 204-212.
Kotler, P & Amstrong, G. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1.Ahli Bahasa Sabran.20008. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management Fourteenth. Parson Education. Diunduh dari https://books. google. co. id/books.
Luthfiyah, H. (2020). Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Pedagang Online di Akun Facebook Butik Shaqila di Pasir Pengaraian Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Marpaung, A. I. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI DIAMOND GAME MOBILE LEGENDS DI KOTA MEDAN.
Meldarianda, R., Lisan, H., & Kristen, U. (2010). Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97-108.
Pradiani, T., & Ningtyas, D. C. W. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Akademika, 15(2), 73-78.
Prandini, L. D. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Produk Virtual Dalam Online Games Mobile Legends (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Priyono, P. E. (2022). Komunikasi dan komunikasi digital. Guepedia.
Putra, Y. S., Muslim, M. A., & Naba, A. (2013). Game chicken roll dengan menggunakan metode forward chaining. Jurnal EECCIS (Electrics, Electronics, Communications, Controls, Informatics, Systems), 7(1), 41-46.
RevivalTV.(2023). Jumlah pemain game mobile legends. https://revivaltv.id/news/mlbb/jumlah-pemain-game-mobile-legends-2023
Saragih, Q. A., Pasaribu, I. M., & Nasution, M. A. (2023). Pengaruh Desain Visual, Influencer Marketing, Dan Nilai Emosional Terhadap Minat Beli Produk Virtual Pada Game Online Mobile Legends (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan). Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 826-839.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2015). Consumer Behavior (12th Editi). New Jersey: Global Edition.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks
Setiawan, J. A., & Asiyah, B. N. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Collaboration Branding, dan Harga terhadap Minat Beli Virtual Skin pada Pemain Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Kabupaten Blitar. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 20(1), 09-23.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survei, Cetakan Kedelapanbelas. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sutjipto, K. 2020. “Pecahkan 1 Milyar Unduhan, Kenapa Mobile Legends Sangat Populer?”. Ligagame.tv. (https://www.ligagame.tv/mlbb/kenapa-mobile-legendssangat-populer, diakses pada 28 September 2021).
Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Games Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5),
Waluyo, A. (2022). Pengaruh Customer Review dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), 103–112. https://doi.org/10.25217/srikandi.v1i2.2027
Wijaya, A. N., & Alamanda, D. T. (2016). Kajian Teori Nilai Konsumsi Terhadap Pembelian Barang Virtual Pada Game Online F2p Moba. E Proceedings of Management, 3(1).
Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14-23.