PENERAPAN CROSS SELLING DALAM MENINGKATKAN PENGGUNAAN BRIMO PADA NASABAH BRI UNIT DETUSOKO, KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi cross selling dalam meningkatkan penggunaan aplikasi BRImo pada nasabah BRI Unit Detusoko. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, terhadap Customer Service, teller, dan nasabah pengguna BRImo, serta observasi dan dokumentasi di lokasi. Data selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi cross selling untuk meningkatkan penggunaan BRImo mengalami peningkatan yang signifikan. Cross selling dilakukan melalui pendekatan secara langsung dengan nasabah, edukasi manfaat BRImo, dan promosi aktif saat layanan perbankan berlangsung. Hambatan yang dihadapi mencakup rendahnya literasi digital nasabah dan kendala jaringan internet. Diharapkan perlunya penguatan strategi pemasaran digital dan peningkatan kapasitas literasi digital bagi nasabah untuk mengoptimalkan layanan BRImo.
Kata Kunci : Pemasaran, Cross Selling, BRImo
Downloads
Article Details
References
Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kesuma. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–12.
Mulyani. (2022). Strategi Cross Selling Dalam Meningkatkan Pengguna Kartu Brizzi Pada Bank Rakyat Indonesia (Bri) Kantor Cabang Bandar Jaya. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung, 8.5.2017, 2003–2005.
Situmorang, Eka Widya Alvionita. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Produk Tabungan Impian Pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kcp. Tebing Tinggi. Sumatera Utara
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Zahra, F. A., & Putra, R. A. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Brimo Menggunakan Metode Eucs (Studi Kasus Nasabah Bri Unit Kertapati). 18–23.