PENGARUH PRODUK TABUNGAN, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI KSP KOPDIT OBOR MAS KOTA KUPANG

Main Article Content

Veronika Lady Diana Tukan
Markus Bunga
Merlyn Kurniawati
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana koperasi dalam melakukan strategi yang tepat, agar mampu bersaing dalam meningkatkan minat nasabah untuk menabung di koperasi berdasarkan pengaruh dari variabel produk tabungan, lokasi, dan promosi. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pada 97 nasabah KSP Kopdit Obor Mas Kota Kupang yang didapat dari total 2.963 nasabah, menggunakan teknik purposive sampling. Hasil hipotesis penelitian menunjukan secara parsial produk tabungan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. Sedangkan lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, produk tabungan, lokasi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di KSP Kopdit Obor Mas Kota Kupang.


Kata Kunci : Produk, Lokasi, Promosi, Keputusan Menabung

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tukan, V., Bunga, M., Kurniawati, M., & Amtiran, P. (2025). PENGARUH PRODUK TABUNGAN, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI KSP KOPDIT OBOR MAS KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(5), 1833-1844. https://doi.org/10.70581/glory.v6i5.22070
Section
Articles

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran (1st ed.). PT. Raja grafindo Persada.
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Anang, F. (2018). Pengantar Manajemen. Deepublish.
Andi. Kusnaningtyas, A., A. (2019). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/5730/1/Arum%20Agustina%20Kusnaningtyas.pdf
Anonymous. (n.d.). Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.
Asiah, N. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di BMT Al-Fadhilah. https://repository.radenintan.ac.id/8545/1/SKRIPSI%20NUR%20ASIAH.pdf
Baswir, R. (2013). Buku Koperasi. PT Gramedia.
Diana, M., S. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung di BMT Bina INA Umat MAT Sejahtera Kalijabe.
Donni, J. , P. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Estiana, R., Karomah, N. , G., & Setiady, T. (2022). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi pada UMKM. Deepublish.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan. Universitas Diponegoro.
Handoko, T., H. (2012). Manajemen Personalia dan sumber Daya Manusia. BPFE. Hasan, I. (2012). Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Ghalia Indonesia
Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Salemba Empat.
Hendri, M. (2013). Pemasaran Ritel. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hidayatullah, S., A. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Asuransi Sinarmas Yogyakarta.
Humanika.Peter, J., P., & Olson, J., C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Husairi, A., H., M. 170603159. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Minat Nasabah Menabung pada Tabungan Easy Wadiah di BSI KCP Ulee Kareng. http://repository.ar-raniry.ac.id
ILO. (2011). Public Information. Hari Keselamatan dan Kesehatan se-Dunia: Mencegah kecelakaan kerja melalui pelaksanaan manajemen risiko K3. Diakses: 28 Desember 2015.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Kothler, P., & Amstrong. (2017). Pemasaran. Salemba Empat.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. , L. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (A. Pramesta (ed.).
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Lupiyoadi, R., & Hamdani. (2017). Manajemen Pemsaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.
Ma'ruf, A. (2013). Wirausaha Berbasis Syariah. Aswaja Pressindo.
Moenir. (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Munawaroh. (2013). Panduan Memahami Metodologi Penelitian. PT Intimedia. Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Salemba
Priansa, J., D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta
Salusu, J. (2016). Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Non Profit. Grasindo.
Shimp, T. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Salemba Empat.
Simamora, M. H. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Simalungun Perdagangan Kabupaten Simalungun.
Sopiah, & Sangadji, E., M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). PT Bumi Aksara. Sudarsono, & Edilius. (2010). Manajemen Koperasi Indonesia. Rineka Cipta.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. C.V Andi Offset. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Ghalia.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Buku Seru. http://repository.upi.edu/17628/4/S_MBS_1001311_Bibliography
Umar, T. (2008). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta
Widayat, A. (2004). Metode Penelitian Pemasaran. CV Cahaya Press.