PENGARUH JARAK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PILIHAN TRANSPORTASI ONLINE PADA MAHASISWA DI-KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan layanan transportasi online di kota Kupang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 orang responden mahasiswa pengguna layanan online, menggunakan sampling accidental. Analisis data dilakukan dengan regresi logistik binari. Hasil penelitian menunjukan secara simultan, variabel jarak, presepsi harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Secara parsial, persepsi harga berpengaruh secara posistif dan signifikan, variabel jarak secara parsial berpengaruh signifikan secara negatif, sedangakan variabel promosi tidak berpengaruh secara parsial. Persamaan regresi logistik Y(X) = -0.079 – 1.710 x1 + 2.845 x2. Model klasifikasi berhasil memprediksi keputusan mahasiswa dengan tingkat keakuratan sebesar 75%. Temuan ini memberikan pemahaman untuk pengembangan strategi pemasaran dan operasional yang lebih efektif bagi perusahaan layanan transporonline, khususnya di kalangan mahasiswa di Kota Kupang.
Kata Kunci : Jarak, Persepsi Harga, Promosi, Keputusan Konsumen
Downloads
Article Details
References
Hasmi. (2012). Metode Penelitian Epidemiologi. Trans Info Media
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga
Kotler,P., & Armstrong, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Nareswari, O, A, & Handayai, N, U. (2023). Analisis Regresi Logistik Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Depertemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.
Schiffman & Kanuk. (2016). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh, Penerbit Pt Indeks
Solomon, M. R. (2017). Perilaku Konsumen : Membeli, Memiliki, dan Menjadi. Pearson.
Thompson, R., et al. (2020). "Distance and Its Effect on Mode of Transport Selection." International Journal of Environmental Research and Public Health.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Wibowo, R., & Santosa, S. (2018). Pengaruh Jarak Tempuh dan Biaya Terhadap Pemilihan Moda Transportasi di Kota Yogyakarta. Jurnal Transportasi dan Logistik, 6(1), 45