PENGARUH JARAK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PILIHAN TRANSPORTASI ONLINE PADA MAHASISWA DI-KOTA KUPANG

Main Article Content

Dominikus Ti'u
Doppy Roy Nendisa
Yosefina K I D D Dhae
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan layanan transportasi online di kota Kupang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 orang responden mahasiswa pengguna layanan online, menggunakan sampling accidental. Analisis data dilakukan dengan regresi logistik binari. Hasil penelitian menunjukan secara simultan, variabel jarak, presepsi harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Secara parsial, persepsi harga berpengaruh secara posistif dan signifikan, variabel jarak secara parsial berpengaruh signifikan secara negatif, sedangakan variabel promosi tidak berpengaruh secara parsial. Persamaan regresi logistik Y(X) = -0.079 – 1.710 x1 + 2.845 x2. Model klasifikasi berhasil memprediksi keputusan mahasiswa dengan tingkat keakuratan sebesar 75%. Temuan ini memberikan pemahaman untuk pengembangan strategi pemasaran dan operasional yang lebih efektif bagi perusahaan layanan transporonline, khususnya di kalangan mahasiswa di Kota Kupang.


Kata Kunci : Jarak, Persepsi Harga, Promosi, Keputusan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ti’u, D., Nendisa, D., Dhae, Y., & Bunga, M. (2025). PENGARUH JARAK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PILIHAN TRANSPORTASI ONLINE PADA MAHASISWA DI-KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(6), 2097-2105. https://doi.org/10.70581/glory.v6i6.22449
Section
Articles

References

Budiono. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 112–123.
Hasmi. (2012). Metode Penelitian Epidemiologi. Trans Info Media
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga
Kotler,P., & Armstrong, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Nareswari, O, A, & Handayai, N, U. (2023). Analisis Regresi Logistik Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Depertemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.
Schiffman & Kanuk. (2016). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh, Penerbit Pt Indeks
Solomon, M. R. (2017). Perilaku Konsumen : Membeli, Memiliki, dan Menjadi. Pearson.
Thompson, R., et al. (2020). "Distance and Its Effect on Mode of Transport Selection." International Journal of Environmental Research and Public Health.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Wibowo, R., & Santosa, S. (2018). Pengaruh Jarak Tempuh dan Biaya Terhadap Pemilihan Moda Transportasi di Kota Yogyakarta. Jurnal Transportasi dan Logistik, 6(1), 45