STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS PADA PADU PADAN TENUN KOTA KUPANG)

Main Article Content

Papi James Fresly Fiery Lubalu
Rolland E Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan strategi kewirausahaan sosial yang diterapkan oleh Padu Padan Tenun dalam mengatasi kendala yang dialami dengan fokus pada pengembangan ekonomi kreatif di Kota Kupang. Informan dalam penelitian ini adalah pendiri Padu Padan Tenun, 2 penjahit yang limbah kain percanya diambil, 3 penenun yang diberdayakan, 2 vendor, dan 3 konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Padu Padan Tenun mengalami masalah ketersediaan bahan baku, masalah produksi, persaingan, dan inovasi desain produk. Namun, sejauh ini Padu Padan Tenun masih bisa menyesuaikan kendala tersebut dengan beberapa strategi untuk meminimalisir kendala yang dialami. Padu Padan Tenun tidak hanya mempromosikan kain tenun NTT sebagai produk fashion, melainkan juga memberdayakan pengrajin lokal dan turut berkontribusi dalam pengurangan limbah tekstil dengan mengintegrasikannya dengan kain tenun NTT menjadi produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan lebih dalam mengenai peran kewirausahaan sosial dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Kupang, serta menjadi model bagi usaha serupa lainnya.


Kata Kunci : Kewirausahaan Sosial, Strategi, Ekonomi Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lubalu, P. J., Fanggidae, R., & Dhae, Y. (2025). STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS PADA PADU PADAN TENUN KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(6), 2107-2118. https://doi.org/10.70581/glory.v6i6.22458
Section
Articles

References

Byne, D. (2019). Strategic management: Theory and application. London: Routledge.
Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Dees, J. G., & Anderson, B. B. (2003). For-profit social ventures. International Journal of Entrepreneurship Education, 2(3), 1–26.
Hamel, G., & Prahalad, C. K. (2018). Competing for the future. Boston: Harvard Business School Press.
Hartono D. (2023). Ekonomi Kreatif Sebagai Alternatif Prospek Pembangunan Ekonomi di Indonesia. J Mirai Manag. 8(2):256-269.
Hartono, R. (2023). Analisis strategi inovasi dan kinerja kewirausahaan sosial di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ilman AN, Khaerani S, Nurhayati, Amalia M. (2022). Jеnis dan Analisis Stratеgi. (90500120056):1-17. DOI:10.31219/osf.io/kmfjt
Ilman, A. (2022). Manajemen kewirausahaan sosial di era digital. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, M. (2022). Manajemen strategi dan kewirausahaan sosial di era digital. Bandung: Alfabeta.
Konda, S. (2015). Community-based entrepreneurship and local economic development. Journal of Entrepreneurship Studies, 9(2), 45–59.
Kusmulyono, R. (2022). Kewirausahaan sosial: Inovasi untuk pemberdayaan masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.
Seelos, C., & Mair, J. (2004). Social entrepreneurship: Creating new business models to serve the poor. Business Horizons, 48(3), 241–246.
Sledzik, K. (2013). Schumpeter’s view on innovation and entrepreneurship. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2257783
Whitney, F. L. (1960). The elements of research. New York: Prentice Hall.