PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURYA BATARA MAHKOTA KUPANG

Main Article Content

Yacob Yermy Maak
Rolland E Fanggidae
Ni Putu Nursiani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh workability dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Surya Batara Mahkota Kupang. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan sales di PT. Surya Batara Mahkota Kupang yang berjumlah 41 karyawan dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 41 karyawan sales. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa keadaan workability, motivasi kerja, dan kinerja karyawan sangat baik. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan workability dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan memberikan kontribusi sebesar 78,6% terhadap kinerja karyawan pada PT. Surya Batara Mahkota Kupang


Kata Kunci :   Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maak, Y., Fanggidae, R., & Nursiani, N. (2022). PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURYA BATARA MAHKOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(2), 159-168. https://doi.org/10.35508/glory.v3i2.7720
Section
Articles

References

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama
Anggraeni Nenny. 2011. “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12. No 2. Bandung.
Brantas. 2009. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Dharma, A. 2000. Manajemen Prestasi Kerja. Edisi Pertama. Jakarta: Rajawali.
Fanggidae, Rolland Epafras. 2017. The Influence of Spirituality Workplace to Motivation, Job Satisfaction and Organizational Commitment. Global J. Bus. Soc. Sci. Review 5 (3) 170 - 176 (2017)
Gibson James L, John M. Ivancevich dan James Donnelly. 1996. Organisasi Perilaku, Struktur dan Proses. Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.
Gibson, M. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Heller Robert. 1998. Motivating People. London: Dorling Kindersley.
HM. Sonny Sumarsono, 2004, Metode Riset Sumber Daya Manusia, Jember: Graha Ilmu.
Jaya Indra. 2012. “Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Barat”. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. Vol 14. No 1. Hal 37-46. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jambi.
Kreitner R. dan Kinicki. 2001. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Kurniawati, M. (2016). Peran Budaya Organisasional dalam Memediasi Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Dinas Pariwisata DIY). Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 3(2), 151-169.
Muliharta Ketut. 2015. “Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Puri Bagus Lovina Pada Tahun 2014”. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol 5. No
H. Singaraja.
Murti Harry, Srimulyan Agustini Veronika. 2013. “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiun”. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol 1. No 1. Program Studi
Manajemen, Universitas Katolik Widya Mandala. Madiun.
Rachmawati Enny, Warella, Hidayat. 2006. “Pengaruh Motivasi Kerja Kemampuan Kerja, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Kesatuan Bangsa dam Perlindungan Masyarakat Propinsi Jawa Tengah”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Vol 3. No 1. Jawa Tengah.
Reza Aditya Regina. 2010. “pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap Kinerja karyawan PT Sinar Santosa Perkasa Banjarnegara'. Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani.
2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Robbins, S.P. 2001. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Edisi Bahasa
Indonesia. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Robbins, S.P. 2006. Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. PT Indeks. Kelompok Gramedia. Jakarta.
Robbins, S.P. & Judge. (2015) Organizational Behavior (16th Ed.) UK: Pearson.
Samsudin. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia.
Setiyawan, dan Waridin. 2006. “Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang”. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 181¬198.
Soffa Aulia Nur, Utari Woro, Hartati Sri C. 2019. “Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Profesionalisme Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Bojonegoro”. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). Vol 3. No 5.
Tika H. Moh. Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.
Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara. Jakarta.
Winardi. 2002. Motivasi Dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.