PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ARTHUR KUPANG

Main Article Content

Robert A Seran
Ronald P C Fanggidae
Paulina Yuritha Amtiran
Filipus A G Suryaputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Arthur Kupang dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan kepada pelanggan bengkel Arthur untuk pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pembeli di bengkel Arthur dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 96 responden dengan menggunakakn teknik rumus lemeshow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan dalam uji kualitas data, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas serta uji normalitas digunakan dalam uji asumsi klasik, dan uji t dan uji F digunakan untuk uji hipotesisnya. Uji kualitas data dan uji asumsi klasik sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y=-14,891+0,335(X1)+0,792(X2)+0,312(X3) dimana kualitas layanan, harga, dan lokasi memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. hasil dari uji F ditunjukkan secara simultan berpengaruh ketiga variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,721 yang menunjukkan besar persentase sumbangan variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 72,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Kata kunci : Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Lokasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Seran, R., Fanggidae, R., Amtiran, P., & Suryaputra, F. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ARTHUR KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(3), 221 - 232. https://doi.org/10.35508/glory.v3i3.9566
Section
Articles

References

Akdon, R. D. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299-310.
Firdiyansyah, indra. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. 1, 1–9.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–17.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management). In Jilid I. Edisi ke (Vol. 13).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Upper Saddle River, NJ, US. Pearson Education, Inc.
Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 69.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran jasa” edisi 2: Salemba Empat. Jakarta.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. In DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen (Vol. 11, Issue2).
Priyatno, D. (2011). Buku saku analisis statistik data SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Putrantaji, R. D. S., & Oktafani, F. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Study Kasus Pada Ifi Futsal Bandung). eProceedings of Management, 1(3).
Ramli, S. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visimedia.
Selan, D. W., & Bessie, J. L. D. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Hotel Timor Megah Kota SoE, TTS). In Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs) (Vol. 10, Issue 3).
Sintya, L. I., Lapian, S. J., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek Online Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado. In Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (Vol. 6, Issue 3).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, A., Rismansyah, R., & Robyardi, E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Buket Di Kecamatan Seberang Ulu Ii Kota Palembang. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(3), 479-494.
Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi, 1.
Toleu, M. J., Messakh, A. B., & Bessie, J. L. . (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (StudiPada Rumah Makan Suka Ramai Kota Kupang). In Journal Of Management (SME’s) (Vol.5, Issue 2).
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. 2010-ISBN: 978-979-061-127-6–Salemba Empat.