Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Stoikiometri Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

  • Imanuel Ferianto Wangsir(1*)
    SMA Negeri 1 SoE, Kab. Timor Tengah Selatan, Prov. Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hasil belajar, Konsep stoikiometri, model pembelajaran Problem Based Learning.

Abstract

Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang konsep Stoikiometri di kelas X-MIPA 2 pada SMA Negeri 1 SoE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes akhir setiap siklus maupun lewat observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar pada siklus I memiliki rerata 60,61 atau hanya 42,42% mengalami ketuntasan belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan rerata hasil belajar peserta didik 70,79 artinya 60,61% peserta didik mengalami ketuntasan belajar. Pada akhir siklus III peserta didik mencapai rerata nilai 78,76 yang berarti 93,94% peserta didik mengalami ketuntasan belajar. Hasil belajar mencapai nilai rerata 78,76 melebihi kriteria yang ditetapkan yaitu rerata 75. Aktivitas belajar peserta didikpun meningkat untuk kategori kurang dari 6% pada siklus I dan berkurang menjadi 0% pada siklus III. Untuk kategori baik meningkat dari 48% siklus I dan menjadi 64% pada siklus III. Untuk kategori sangat baik 0% pada siklus I dan meningkat menjadi 30% pada akhir siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-16
How to Cite
Wangsir, I. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Stoikiometri Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 49-53. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i2.5581

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.