Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Stoikiometri Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Abstract
Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang konsep Stoikiometri di kelas X-MIPA 2 pada SMA Negeri 1 SoE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes akhir setiap siklus maupun lewat observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar pada siklus I memiliki rerata 60,61 atau hanya 42,42% mengalami ketuntasan belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan rerata hasil belajar peserta didik 70,79 artinya 60,61% peserta didik mengalami ketuntasan belajar. Pada akhir siklus III peserta didik mencapai rerata nilai 78,76 yang berarti 93,94% peserta didik mengalami ketuntasan belajar. Hasil belajar mencapai nilai rerata 78,76 melebihi kriteria yang ditetapkan yaitu rerata 75. Aktivitas belajar peserta didikpun meningkat untuk kategori kurang dari 6% pada siklus I dan berkurang menjadi 0% pada siklus III. Untuk kategori baik meningkat dari 48% siklus I dan menjadi 64% pada siklus III. Untuk kategori sangat baik 0% pada siklus I dan meningkat menjadi 30% pada akhir siklus III.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.