Analisis Proses Roasting pada Kopi

  • Alif Gita Arumsari(1*)
    Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Rayessa Surya(2)
    Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Siti Irmasuryani(3)
    Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Wulandari Sapitri(4)
    Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil perbandingan entalpi dan dew point proses roasting kopi Penelitian ini dilakukan dengan metode roasting pada kopi untuk mengetahui entalpi sampel. Proses roasting dilakukan untuk menyangrai biji kopi hingga matang sehingga mudah untuk diproses lebih lanjut. Penyangraian dalam penelitian ini digunakan untuk memekarkan biji kopi dan membuka biji kopi tersebut agar dapat diambil saripatinya . Perubahan warna biji kopi diukur tingkat kecerahanya dengan Lovibond meter. Biji kopi yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai densitas curah 615 kg/m3 dengan kadar air 12,50%.  Setelah biji kopi disanggrai selama 7 menit, kadar air biji kopi turun menjadi 8%. Secara bersamaan densitas curahnya juga berkurang menjadi 506 kg/m3. Pada 14 menit penyanggraian, kerapatan curah biji kopi turun secara tajam menjadi 400kg/m3. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa perbandingan suhu roasting berpengaruh pada entalpi dan dew point.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-16
How to Cite
Arumsari, A., Surya, R., Irmasuryani, S., & Sapitri, W. (2021). Analisis Proses Roasting pada Kopi. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 98-101. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i2.5586

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.