Penggunaan Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) Sebagai Indikator Asam-Basa Alami

  • Hendriana Rosina Bria(1)
    Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Aloisia Uron Leba(2*)
    Pendidikan Kimia-Universitas Katolik Widya Mandira
  • Aloisius Masan Kopon(3)
    Pendidikan Kimia-Universitas Katolik Widya Mandira
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Antosianin, ubi jalar ungu, indikator alam, asam-basa

Abstract

Umbi ubi jalar ungu merupakan salah satu sumber pigmen ungu. Kandungan senyawa utama dalam umbi ubi jalar ungu adalah antosianin. Antosianin merupakan senyawa yang dapat menunjukan perubahan warna berdasarkan pH lingkungannya. Sampel dari penelitian ini adalah umbi ubi jalar ungu yang berasal dari pulau Timor - Kupang. Ada dua variasi perlakuan sampel yang digunakan yaitu sampel basa (tanpa pengeringan) dan sampel kering (pengeringan dengan oven). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1). efektivitas ekstrak sampel basa (ESB) pada larutan uji pH 1-14, 2). efektivitas ekstrak sampel kering (ESK) pada larutan uji pH 1-14  3). efektivitas ESB dan ESK dalam mengidentifikasi sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). ESB pada pH 1-2 berwarna merah pekat, pH 3-6 berwarna merah pudar, pH 7 berwarna ungu pudar, pH 8-11 berwarna hijau, pH 12-14 berwarna kuning. 2).  ESK pada pH 1 berwarna merah pekat, pH 2-7 berwarna merah pudar, pH 8-11 berwarna hijau, pH 12-14 berwarna kuning, 3).  ESB dan ESK memberikan perubahan warna yang jelas dalam mengidentifikasi sifat asam dan basa dari berbagai sampel.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-16
How to Cite
Bria, H., Leba, M., & Kopon, A. (2021). Penggunaan Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) Sebagai Indikator Asam-Basa Alami. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 35-41. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i2.5579

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.