PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT. GUDANG GARAM TBK PERIODE 2017-2022

Main Article Content

Leonardus Sole
Petrus E De Rozari
Christien C Foenay
Wehelmina M Ndoen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Gudang Garam tbk. periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji parsial, dan uji determinasi dengan menggunakan alat Statistical Package for Social Science 28.0 for windows (SPSS 28). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap  nilai perusahaan.


Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sole, L., De Rozari, P., Foenay, C., & Ndoen, W. (2024). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT. GUDANG GARAM TBK PERIODE 2017-2022. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 687-693. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13568
Section
Articles

References

Aliana, D. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation).
Andreas, P. (2021). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yayasan Kita Menulis.
Bawafi, M. H., dan Prasetyo, A. (2015). terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan 5(1)
Florence, N. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017) (Doctoral dissertation, Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama).
Murnita, P. E. M., & Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan leverage sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1470-1494.
Nurlaela,S. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2018-2021) (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor).
Prasetyo, A. dan Bawafi, M. H. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 5(1).
Suryati, A. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empirirs Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 –2016). In Forum Manajemen (Vol. 17, No. 2, pp. 111-121).
Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 109-117.
Wijaya, Candra., Asnawi, Said Kelana (2015), FINON (Finance For Non Finance) Manajemen Keuangan untuk Non Keuangan: Menjadi Tahu dari Lebih Tahu, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.