PENGARUH TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK NTT CABANG ATAMBUA (STUDY KASUS NASABAH PENABUNG BANK NTT CABANG ATAMBUA)

Main Article Content

Sonia Florensia Fallo
Ronald P C Fanggidae
Debryana Y Salean
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh internal marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (2) pengaruh eksternal marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (3) pengaruh interactive marketing terhadap keputusan nasabah menabung, (4) pengaruh internal marketing, eksternal marketing dan interactive marketing terhadap keputusan nasabah menabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Statistik Inferensial, Uji Instrumen Penelitian yaitu Uji Validitas dan Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis adalah Uji T, Uji F dan Uji R2 dengan olah data menggunakan aplikasi SSPS IBS Statistik 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa Internal Marketing tidak memiliki hubungan positif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung, Eksternal Marketing memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung, sedangkan Interactive Marketing memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah Menabung.


Kata Kunci : Triangle Marketing, Internal Marketing, Eksternal Marketing, Interactive Marketing, Keputusan Nasabah Menabung

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fallo, S., Fanggidae, R., Salean, D., & Bunga, M. (2024). PENGARUH TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK NTT CABANG ATAMBUA (STUDY KASUS NASABAH PENABUNG BANK NTT CABANG ATAMBUA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 521-535. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13740
Section
Articles

References

AH, K. P. (2012). Pengaruh Atribut Produk Dan Bauran Promosi Terhadap Etika Janji Dalam Konteks Service Marketing Triangle dan Implikasinya Terhadap Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi. Indonesian Journal of Economics and Business, 2(1).
Azzahra, A. (2020). Pengaruh Triangle Marketing Terhadap Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Mandiri Aek Kanopan (Studi Kasus Masyarakat Aek Kanopan Timur (Doctoral dissertation).
Afriadi, M. K. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Komplek Perumahan Perumdam Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Dessey, S. Analisis (2008). Pengaruh Promotion Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Central Asia studi kasus pada Bank Central Asia cabang islamic Assauri sofjan manajemen pemasaran jakarta: PT Raja Geafindo Persada.
Effendi, A. Z., & Chandra, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Pada Travel Umroh Dan Haji Plus PT. Inyong Travel Barokah / The Effect of Promotion And Quality Of Service On Consumer Satisfaction Through Purchasing Decisions On Umroh Travel And Haji Plus PT. Inyong Travel Barokah. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Pada Travel Umroh Dan Haji Plus PT. Inyong Travel Barokah.
Evelina, L. W., & Angeline, M. (2014). Komunikasi Vertikal dan Horizontal dalam Membentuk Gaya Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal: Studi pada Binus University. Humaniora, 5(1), 445-454.
Handayani, P. (2020.) Analisis Penerapan Triangle Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Adam Kota Bengkulu Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu.
Jumadi, J. (2014). Pengaruh Pemasaran Internal dan Kualitas Layanan Internal Terhadap Kepuasan Pelanggan Internal (Studi Pada Industri Kepariwisataan di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3), 17-32.
Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran Edisi ke Sembilan. Jakarta: PT.ndeks.
Lie, E. S. (2016). Pengaruh Komitmen Organisasional Dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Bank NTT. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 64-72.
Lubis, Karina. (2021). Pengaruh Triangle Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di PT. Bank Sumut KC Syariah Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Mandasari, E. D, (2016). Pengaruh Triangle Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri.
Maghfiroh, L. (2018). Pengaruh Triangle Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Muamalat Cabang Madiun Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo
Meolong J. Lexy. (1991). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Muchamad Irfan Aminudin. (2015). Pengaruh Marketing Mix Dan Triangle Marketing Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Simpanan Di Bank Muamalat INdonesia Cabang Pembantu Tulung agung. Mursid M,2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, R. A., Lubis, N., & Prihartini, A. E. (2014). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 10-20.
Rao, K. R. M. (2011). Services marketing. Pearson Education India.
Riananingrum, D. (2021). Pola Komunikasi Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kcp Cibiru (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Rosyidin, M. A., & Agustin, S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Sampah Bina Mandiri. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).
Sakti, A. R. T. (2018). Pengaruh Kebutuhan Pelanggandan Bauran Pemasaran Terhadap Nilai Pelanggan. Jurnal Indonesia Membangun, 17(3), 1-16.
Saputra, R. A. (2019). Pengaruh Sales Promotion, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Dbl Store (Doctoral dissertation, STIESIA SURABAYA).
Schiffman Leon dan Leslie. (2008). Prilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Kualitatif dan R&D, ALFABETA Bandung.
Sumirat, M. Y. (2015). Pengaruh Pemasaran Interaktif terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Distro Dloops Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (UNISBA)).
Swandhana, H. (2017). Peranan Komunikasi Horizontal Dalam Peningkatan Kinerja Pada Prime Sauce. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 228-234.
Tani, V. M. A., Amtiran, P. Y., & Makatita, R. F. (2019). Pengaruh Penyaluran Kredit dan Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi Kasus pada Pt. bank NTT Kantor Pusat). JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 9(2 Jul), 133-150.