PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI BARANG DAN KONSUMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Jovanka Fanya Baky
Anthon S Y Kerihi
Yohanes Demu
Petrus E De Rozari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel rasio keuangan berupa Current ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Net Profit Margin, Total asset turnover dan Inventory Turnover terhadap variabel dependen yaitu pertumbuhan laba. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2022 dengan jumlah sampel sebanyak 6 perusahaan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan setiap rasio baik rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio aktiva dengan menggunanan rumus dari setiap rasio yang di bandingkan dengan pertumbuhan laba setiap perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Cash Ratio,Return on Asset, Net Profit Margin dan Inventory Turnover berpengaruh dengan pertumbuhan laba sedangkan rasioDebt to Equity tidak berpengaruh dengan pertumbuhan laba.


Kata Kunci : Pertumbuhan Laba, Rasio Keuangan, Laporan Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baky, J., Kerihi, A., Demu, Y., & De Rozari, P. (2024). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI BARANG DAN KONSUMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 657-665. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.14022
Section
Articles

References

Ahluwalia, L. (2020). Empowerment Leadership and Performance: ANTECEDENTS. Angewandte Chemie Internasional Edition. http: //www. nostarch.com/javascriptforkids%
Anggarini, D. R., & Permatasari, B. (2020). Pengaruh Nilai Tukar Dolar dan Inflasi Terhadap Perekonomian Indonesia.
Fadly, M., & Wantoro, A. (n.d.). Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya.
Harahap, S. S. (2018). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan,PT Raja Grafindo Persada.
Hutabarat, F. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Desanta Muliavisitama.
Juliana & Sulardi. (2003). Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol.3, No.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.
Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455
Nani, D. A. (2020). Efektivitas Penerapan Sistem Insentif Bagi Manajer dan Karyawan. Jurnal Bisnis Darmajaya.