PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM TENUN IKAT GUNUNG MAKO DI DESA TERNATE UMAPURA KABUPATEN ALOR

Main Article Content

Akbar Singhs
Apriana H J Fanggidae
Christien C Foenay
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari orientasi pasar dan bagaimana dampaknya terhadap kinerja pemasaran UMKM Tenun Ikat Gunung Mako. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode Lemeshow. Sampel data  pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari konsumen sampai pada karyawan UMKM Tenun Ikat Gunung Mako yang didominasi oleh responden berjenis kelamin wanita, 24-30 tahun serta berprofesi sebagai aparatur sipil negara. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran


Kata Kunci: Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Singhs, A., Fanggidae, A., Foenay, C., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM TENUN IKAT GUNUNG MAKO DI DESA TERNATE UMAPURA KABUPATEN ALOR. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 545-557. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.14051
Section
Articles

References

Agesti Wulandari (2012). Pengaruh orientasi pelanggan orientasi pesaing dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran (studi pada IKM Rokok Kretek di Kabupaten Jepara). Management analisis Journal 1(2).
Agesha Marsyaf (2019). Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM Produk Olahan Ikan Di Kota Jambi. Jurnal Development.
Arbawa, D. L., & Wardoyo, P. (2020). Keunggulan Bersaing: Berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Kendal). Jurnal Program Studi Magister Manajemen.
Aristiyo, R., & Murwatiningsih. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kemitraan. Management Analysis Journal, 6 (1)(1), 44.
Cravens, D. ., & Piercy, N. . (2013). Strategic Marketing. McGraw-Hill.
Crick, J. M. (2021). The dimensionality of the market orientation construct. Journal of Strategic Marketing, 29(4), 281–300. https://doi.org/10.1080/0965254X.2019.1677747
Darmanto, Wardaya, F. X. ., & Sulistyani, L. (2018). Stategi Orientasi dan Kinerja Organisasi UMKM. CV Budi Utama.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartini, S. (2017). Hubungan Orientasi Pasar, Strategi Bersaing, Kewirausahaan Korporasi Dan Kinerja Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 17(1), 39. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2013.v17.i1.2220
Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02
Jalilvand, M. R. (2017). The effect of innovativeness and customer-oriented systems on performance in the hotel industry of Iran. Journal of Science and Technology Policy Management, 8(1), 43–61. https://doi.org/10.1108/JSTPM-08-2016-0018
Kencana, P. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. Buletin Studi Ekonomi, 26(2), 177. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i02.p03
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of marketing (11th ed.). Pearson International.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.
Kumar, G., Karthik, L., & Bhaskara Rao, K. V. (2011). A Review on Pharmacological and Phytochemical Properties of Zingiber officinale Roscoe (Zingiberaceae). Journal of Pharmacy Research, 4(9), 2963–2966.
Merakati, I., Rusdarti, & Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.