PENGARUH STRATEGI DISKON DAN FLASH SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS RAMAYANA MALL KOTA KUPANG)

Main Article Content

Gabriel E L Mamun
Markus Bunga
Merlyn Kurniawati
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diskon dan Flash Selling terhadap Keputusan pembelian di Ramayana Mall Kota Kupang.jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Ramayana Mall Kota Kupang. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel mencakup 100 orang. Untuk mengumpulkan data, kuisoner dibagikan kepada para konsumen Ramayana Mall Kota Kupang melalui platform google form. Teknik analisis data yang digumakan adalah analisis linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS IBM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Ramayana Mall kota Kupang. Flash Selling secara parsial berpengaruh spositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Ramayana Mall kota Kupang. Selanjutnya diskon dan Flash Selling secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Ramayana Mall kota Kupang. Maka dari itu dapat dijelaskan bahwa Diskon sangat membantu Ramayana Mall untuk meningkatkan perputaran bisnis yang ada pada Ramayana Mall dapat berjalan dengan baik. Selain itu Flash Selling yang melekat di pikiran konsumen dengan citra yang positif dapat menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.


Kata Kunci : Promosi, Diskon, Flash Selling, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mamun, G., Bunga, M., Kurniawati, M., & Fanggidae, A. (2025). PENGARUH STRATEGI DISKON DAN FLASH SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS RAMAYANA MALL KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(2), 379-385. https://doi.org/10.70581/glory.v6i2.16656
Section
Articles

References

Airnurzana, A., & Jemadi. (2023). Pengaru Promosi Penjualan, kepercayaan, Dan Penggunaan Brand Ambassador k-pop Idol Terhadap konsumen Pada Marketplace Shopee. jurnal of management, 353.
Aisyah, S., & Rosyidi, S. (2023). pengaruh presepsi harga, customer riview, customer rating, dan promosi flash sale terhadap keputusan pembelian di shopee. jurnal kompetitif, 52.
Anjarini, A., Mulyapradana, A., Elshifa , A., & Khafidzin. (2021). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada Umkm Jamaluddin. jurnal ilmu manajemen, ekonomi dan kewirausahaan, 68.
aulia, s., basalamah, r., & milaningsty, r. (2021). pengaruh diskon dan gratis ongkir kirim terhadap keputusan pembelian pada E-commerce shopee. jurnal riset manajemen prodi manajemen, 5.
Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. (2022). pengaruh model promosi flash sale dan tagline gratis ongkir terhadap keputusan pembelian di tokopedia. Jurnal Seiko, 170.
fardan , e., & siregar, s. (2024). pengaruh promo flash sale dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk erigo. jurnal kajian ekonomi dan bisnis islam, 143.
Hastuti, M., & Anasruloh, M. (2020). pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmiah ilmu ekonomi dan bisnis, 100.
Husniyah, T., Giningroem, D., & Pitoyo, B. (2024). Pengaruh diskon, Flash sale, Dan live shoping terhadap keputusan pembelian pada brand the originot di shope. Jurnal ECONOMINA, 317.
Jannah, M., & Wahono, B. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal riset manajemen, 40.
Junata, R., Roswaty, & Ulum, M. (2024). pengaruh program flash sale dan diskon terhadap prilaku implusive buying produk pakaian pria dan wanita pada pt jm group lembang Kota Palembang. Jurnal ekonomi, manajemen, dan akutansi, 1352.
Kedaton, M., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). pengaruh promosi flash sale dan E-wom terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada pengguna aplikasi shopee. jurnal bisnis terapan, 145.
Kumala, F., & Fageh, A. (2022). pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian kosmetik halal dengan minat beli sebagai variabel intervening. ecodemica, 4.
Loisa , J., & Matius, T. (2021). Pengaruh model promosi flash sale terhadap minat pembeli dan keputusan pembelian di marketplace online. jurnal Ilmia MEA, 9.
Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. jurnal ilmiah manajemen kesatuan, 120.
Prastyatini, S., & Ramadhanti, S. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale Dan Biaya Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal ilmiah mahasiswa akutansi, 1031.
Putra, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal administrasi bisnis, 186.
Santoso, M., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian Marketplace shopee (studi kasus masyarakat desa kesilir kabupaten Jember). jurnal pendididkan ekonomi akutansi kewirausahaan, 1.
Sari, R., & Prihartono. (2021). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah MEA, 1175.
Simanjuntak, O. (2022). Pengaruh flash sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying. jurnal ekonomi dan bisnis, 384.
Soisa, W. (2022). pengaruh flash sale dan citra merek terhadap pembelian implusif pada marketplace Lazada. Jurnal Miari Management, 509.