STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UKM MINUMAN HERBAL CV. AQUILA
Main Article Content
Abstract
Perkembangan internet menjadi tanda masuknya era digitalisasi. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi digital marketing UKM Minuman Herbal pada CV Aquuila dalam menjual produk. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu jenis yang ditunjukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Perusahaan CV. Aquila lebih memilih untuk mengutamakan strategi pemasaran tradisional dari pada pemasaran digital dalam upaya menjual produk minuman herbal. Keputusan ini didasarkan pada sejumlah faktor; Pertama, target pasar utama CV. Aquila masih lebih responsif terhadap metode konvensional seperti promosi langsung. Mengingat sifat produk dan layanan yang CV. Aquila tawarkan, seperti barang konsumen dan layanan lokal, interaksi langsung dengan pelanggan melalui media tradisional dianggap lebih efektif dalam menarik perhatian dalam membangun hubungan dengan konsumen. Kedua, perusahaan ini belum sepenuhnya memahami atau memiliki sumber daya yang cukup untuk mengimplementasikan strategi pemasaran digital dengan efektif.
Kata Kunci : Strategi, Digital Marketing, UKM
Downloads
Article Details
References
Coviello, N. E., Milli, S., & Marcolin, B. L. (2020). The Impact of Digital Marketing on Consumer Behavior. Journal of Digital Marketing, 5(2).
Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2014). Business Essentials (10th ed.). Boston, MA: Pearson.
Grewal, D., & Levy, M. (2014). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Kapitan, N. L., Kurniawati, M., Dhae, Y. K. I. D. ., & Fanggidae, R. P. . (2023). The Effect Of Social Media Marketing And Consumer Trust On Buying Interest (Studies on KHAIA Health & Beauty Care Products member on Facebook Social Media). 625–636.
Mustika, A. (2019). Digital Marketing: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Harapan Baru.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia, Jakarta.
Risdiana., &Aris. (2020). Analisis Strategi DigitalMarketig Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah Tasikmalaya. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20 (1).
Sulaksono, J., & Nizar, Z. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generatio Journal.
Ulfah. (2016). Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Pembangunan Ekonomi. Dalam A. Johnson (Ed.), Kontribusi UKM dalam Pertumbuhan Ekonomi. Penerbit ABC