STRATEGI PEMASARAN RUMAH SUBSIDI (STUDI KASUS PADA PERUMAHAN BERSUBSIDI GEMSTONE REGENCY)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Perumahan Gemstone Regency Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran rumah subsidi yang ada di perumahan Gemstone Regency melalui analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats). Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diketahui dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah tim marketing PT. Charson Timorland Estate dan para penghuni rumah subsidi yang ada di perumahan Gemstone Regency. Instrument penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kekuatan antara lain yaitu memiliki kualitas perumahan yang memenuhi kriteria rumah layak huni. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perumahan Gemstone Regency berada di situasi yang menguntungkan dan strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi agresif, sehingga dengan penerapan strategi tersebut perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut berbagai peluang yang ada sehingga perusahaan dapat mengimbangi pesaing lain yang mengeluarkan produk sejenis.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Rumah Subsidi, Strategi Pemasaran
Downloads
Article Details
References
Kotler, & Amstrong. (2016). Principles of Marketing Sixtennth Edition Global Edition. Pearson Educated Limited.
Kotler, & Keller, (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kotler. (2000). Marketing Management. The Milenium Edition. Prentice Hall International Inc. USA. PT. Prehalindo.
Lubis. (2004). Manajemen Pemasaran (Rajawali Press).
Peñaloza, & Venkatesh. (2006). Further evolving the new dominant logic of marketing: from services to the social construction of markets. Journal Indexing and Metrics, 6, 299–316.
Rangkuti. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (PT. Gramedia Pustaka).
Rangkuti. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Gramedia Pustaka Utama.
Ratnasari, & Aksa. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa (Ghalia Indonesia).
Sari, & Qomariyah. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Bisnis Properti Subsidi di Perumahan KD Asri Jombang. Journal of Islamic Education Management, 1, 69–80.
Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Swastha, & Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern (Liberty Offset).