PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA KUPANG)

Main Article Content

Virginia Charmelita Soka
Merlyn Kurniawati
Debryana Y Salean
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap citra merek pada pengguna aplikasi Shopee di kota Kupang, menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap minat beli pada pengguna aplikasi Shopee di kota Kupang, menganalisis pengaruh citra merek terhadap minat beli pada pengguna aplikasi Shopee di kota kupang, menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap minat beli melalui citra merek pada pengguna aplikasi Shopee di kota Kupang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survei. Pendekatan penelitian ini menggunakan medote penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Kupang dengan jumlah 96 sampel. Penelitian ini menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Lameshow dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil pengolahan data penelitian ini menggunakan program aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science). Penelitian  Hasil penelitian menunjukan bahwa brand ambassador berpengaruh terhadap citra merek pada pengguna aplikasi Shopee di kota kupang, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap minat beli pada pengguna aplikasi Shopee di kota Kupang, citra merek berpengaruh terhadap minat beli pada pengguna aplikasi Shopee di kota kupang, citra merek berpengaruh sebagai variabel intervening yang secara tidak langsung mempengaruhi hubungan brand ambassador dan minat beli pada pengguna aplikasi Shopee di kota Kupang.


Kata Kunci : Brand Ambassador, Citra Merek, dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Soka, V., Kurniawati, M., Salean, D., & Bunga, M. (2025). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(2), 655-667. https://doi.org/10.70581/glory.v6i2.17646
Section
Articles

References

Andini, P. N., Lestari, M. T., & Sos, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia (studi Kuantitatif Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia Di Dki Jakarta). Eproceedings of Management, 8(2).
Alma, H. B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta
Berkas:Shopee-logo.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved 22 January 2024, from https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Shopee-logo.jpg
Cahyowulan, S. A. P. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Pada Minat Beli Produk Wrangler Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Kuliah Di Yogyakarta.
Dianka, A. A. (2021). Performa e-Commerce: Shopee, Si Paling Laris Tahun Ini - Trenasia.com. Www.Trenasia.Com. https://www.trenasia.com/performa-e-commerce-shopee-si-paling-laris-tahun-ini
Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E. B., & Muksin, N. N. (2023). Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia.
Eksistensi Shopee di Wilayah Nusa Tenggara Timur. (n.d.). Retrieved 22 January 2024, from https://databokssurveipengguna.blogspot.com/2023/02/shopee-aplikasi-mobile-marketplace.html
Ferdinand, A. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek. Qiara Media.
Gudono. (2011). Analisis Data Multivarat. BPFE.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Hartanto, B., & Indriyani, L. (2022). Minat Beli di Marketplace Shopee. PT Inovasi Pratama Internasional.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Rajawali.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.
Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.
Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Wiley.
Priansa, D. J. (2021). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Cv Pustaka Setia.
Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia | Databoks. (n.d.). Retrieved 27 May 2023, from https://databoks.katadata.co.id/
Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Sinaga, H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dabn Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Freshcare (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif . Alfabeta.
Supranto, J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga.
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi.
Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, Dan Komunikasi Kontemporer.
Wijaya, D. (2020). Marketplace Pedia. Laksana.
Zhari, M. N. S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Electronic Word Of Mouth (E-wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Lazada Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.