ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA HOME INDUSTRY TEMPE SUKABI DI KABUPATEN MALAKA
Main Article Content
Abstract
Suatu usaha tentu memiliki strategi untuk dapat berkembang dan bersaing didunia bisnis, Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha home industry tempe sukabi untuk meningkatkan daya saing. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dengan pemilik usaha, Hasil penelitian dengan analisis SWOT menunjukkan bahwa hasil analisis melalui tahap matriks IFAS, EFAS dan diagram SWOT menunjukkan bahwa usaha home insurty berada pada posisi kuadran II yang mana usaha home industry tempe sukabi menghadapi berbagai ancaman eksternal tetapi masih memiliki kekuatan dari segi internal yang mana strategi yang harus digunakan adalah strategi diversifikasi produk.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Daya Saing
Downloads
Article Details
References
Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mudatsir, M. (2020). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing Pada Cafe Mr. Yess Coffee Di Kota Benteng Selayar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Muhardi. 2007. Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha
Pitoyo, Agus & Suhartono, E. 2018. Meningkatkan Daya Saing UKM Dari Prepektif Teknologi Informasi, Pnenglolaan Pengtahuan, dan Standarisasi Produk. Jurnal Prosiding SENDI_U. ISBN: 978-989-3649-99-3: 761
Tjiptono. Fandy. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: ANDY
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT.Gramedia.