ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA HOME INDUSTRY TEMPE SUKABI DI KABUPATEN MALAKA

Main Article Content

Umi Yuliana Tefu
Debryana Y Salean
Merlyn Kurniawati
Paulina Y Amtiran

Abstract

Suatu usaha tentu memiliki strategi untuk dapat berkembang dan bersaing didunia bisnis, Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha home industry tempe sukabi untuk meningkatkan daya saing. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dengan pemilik usaha, Hasil penelitian dengan analisis SWOT menunjukkan bahwa hasil analisis melalui tahap matriks IFAS, EFAS dan diagram SWOT menunjukkan bahwa usaha home insurty  berada pada posisi kuadran II yang mana usaha home industry  tempe sukabi menghadapi berbagai ancaman eksternal tetapi masih memiliki kekuatan dari segi internal yang mana strategi yang harus digunakan adalah strategi diversifikasi produk.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Daya Saing

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tefu, U., Salean, D., Kurniawati, M., & Amtiran, P. (2025). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA HOME INDUSTRY TEMPE SUKABI DI KABUPATEN MALAKA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(2), 647-654. https://doi.org/10.70581/glory.v6i2.18233
Section
Articles

References

Adisaputro, G. (2019). Manajemen Pemasaran : Analisis Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Stim Ykpn. Ilmu.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mudatsir, M. (2020). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing Pada Cafe Mr. Yess Coffee Di Kota Benteng Selayar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Muhardi. 2007. Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha
Pitoyo, Agus & Suhartono, E. 2018. Meningkatkan Daya Saing UKM Dari Prepektif Teknologi Informasi, Pnenglolaan Pengtahuan, dan Standarisasi Produk. Jurnal Prosiding SENDI_U. ISBN: 978-989-3649-99-3: 761
Tjiptono. Fandy. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: ANDY
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT.Gramedia.