PENGARUH PRODUCT BUNDLING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK THE ORIGINOTE DI KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product bundling terhadap kepuasan konsumen dengan Keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada konsumen produk The Originote di Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel mencakup 100 orang menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus lemeshow. Untuk mengumpulkan data, kuesioner dibagikan kepada konsumen produk The Originote di Kota Kupang melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, uji t, uji f, uji sobel dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS IBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial product bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk The Originote di Kota Kupang, secara parsial product bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen produk The Originote di Kota Kupang dan pada hasil pengujian intervening menunjukkan bahwa keputusan pembelian mampu menjadi variabel intervening antara variabel product bundling dan kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Product Bundling, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
Downloads
Article Details
References
Compas. Bedah Data Brand Viral The Originote. from https://compas.co.id. Diakses pada tanggal 10 Desember 2023.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Jena, S. K., & Ghadge, A. (2022). Product Bundling and Advertisisng Strategy for A Duopoly supply Chain. New York: Springer.
Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rahmat, A. F., Harahap, D. A., & Saraswati, N. (2023). Pengaruh Advertising, Brand Ambassador dan Product Bundling terhadap Purchase Decision pada Produk Scarltt Whitening. Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 3 No. 2, 749-757.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Uhamka.
The Originote. Affordable Skincare for All: https://theoriginote.id. Diakses pada tanggal 12 November 2023
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, A., & Kinder, L. (2020). Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas. Jurnal Manajemen Vol. 17 No.1, 28-38.