PENGARUH EKUITAS MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA PADA DEALER NUSANTARA SURYA SAKTI (NSS) CABANG KEFAMENANU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic honda pada dealer nusantara surya sakti (NSS) cabang kefmenanu dengan metode penelitian kuantitatif yang kuesionernya disebarkan kepada pelanggan dealer nusantara surya sakti (NSS) cabang kefamenanu untuk pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian adalah seluruh pelanggan dealer nusantara surya sakti (NSS) cabang kefamenanu dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik rumus lameshow. Analasis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana, Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan dalam uji kualitas data, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas digunakan dalam uji asumsi klasik, dan uji t dan uji F digunakan untuk uji hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekuitas merek dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic honda pada dealer nusantara surya sakti (NSS) cabang kefmenanu dilihat dari persamaan regresi linier sederhana Y= 7.453 + 0,1959 (X1) + 0.560 (X2) , dengan tingkat signifikan .000, dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,396. Semakin baik ekuitas merek dan kualitas pelayanan suatu perusahaan maka dapat meningkatkan keputusan pembelian .
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan dan Keputusann Pembelian
Downloads
Article Details
References
Akbar, D. R., & Prijati, P. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(6).
Aaker, A. D. (2014). Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Kinerja, 13(2), 99-118.
Astuti, S., W. & Cahyadi, I., G. (2007). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Majalah Ekonomi No. 2.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanggadhika, H., & Pamungkas, O. (2010). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Handphone Merek Nokia Di Semarang (doctoral dissertation, universitas diponegoro).
Hariyanto, W. F., Djaja, S., & Sukidin, S. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Dealer Garuda Motor I Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 140-147.
Jansen, F. Y., W, F. G., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat 2019-2020. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 279-288.
Kholidah,N & Arifiyanto, M.(2020). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal, Pekalongan: Penerbit NEM.
Kotler, P. & Keller, K. L.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 4th Edition. Pearson Education.
Lalawar, G. J., (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Dealer Dinamika Motor di Kota Kupang 2022. Skripsi Calon Wisudawan S- 1, Prodi Manajemen, FEB Undana, Periode Juni 2022
Lelet, P. S., Lumanauw, B., & Lintong, D. C. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Manzone Di Matahari Megamall Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1590-1599
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Ngilo, M. A., Bunga, M., Dhae, Y. K. I. D. D., & Ronald, P. C. (2025). PADA GRAB FOOD KOTA KUPANG The Influence Of Promotions And Service Quality On Consumer Purchasing Decision At Grab Food Kupang City. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 6(1), 165–173. https://doi.org/https://doi.org/10.70581/glory.v6i1.16784
Makrifatullah, N. (2021). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membei Motor Matik Yamaha N-max Di Kecamatan Tampan, Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85-98.
Mone, R. L., Bunga, M., Fanggidae, R. P. C., & Apriana, H. J. (2024). MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH ( STUDI KASUS PADA KONSUMEN PENGGUNA WARDAH KOTA KUPANG ) The Influence of Product Quality and Brand Equity on Wardah Cosmetic Product Purchase Decisions ( Case Study of Consumers. Glory: JurnalEkonomi&IlmuSosial, 5(6), 1353–1361. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16515
Murhadi, T. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lintasartanet Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 49-55.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pramularso, E. Y. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 125. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(1), 56-63.
Rangkuti, F. (2004). The power of brands. Gramedia pustaka utama.
Stanton, W. J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, R. A., & Saputri, M. E. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Nmax Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 6(2).
Tjiptono, Fandy. (2016). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Jogjakarta: Andi Offset
Yogyakarta.Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada konsumen shopee). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(1), 1-11.