PENGARUH INFLUENCER MARKETING, WORD OF MOUTH DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC DI KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Revolusi digital telah menciptakan lingkungan baru dalam pemasaran, di mana influencer marketing, word of mouth, dan gaya hidup menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Skintific sebagai merek perawatan kulit berbasis ilmiah asal Kanada yang hadir di Indonesia sejak 2021 menghadapi tantangan dalam pasar yang kompetitif, termasuk di Kota Kupang yang menunjukkan pola penjualan fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Influencer Marketing, Word Of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Skintfic di Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-Probability sampling dengan jenis purposive sampling dan populasinya adalah konsumen yang tinggal di Kota Kupang dan yang pernah membeli produk Skintific dengan jumlah sampel 100. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, dan analisis linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t, uji f dan uji koefisien determinan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel influencer marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian skintific di Kota kupang, sedangkan variable word of mouth dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian skintific di Kota Kupang. Namun, secara simultan menunjukkan bahwa variabel influencer marketing,word of mouth dan gaya hidup berpengaruh terhadap Keputusan pembelian skintific di Kota Kupang.
Kata Kunci : Influencer Marketing, Word Of Mouth, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian
Downloads
Article Details
References
Amin, S., & Yanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 45-58.
Anderson, J. (2023). Word of Mouth Marketing: The Power of Consumer Recommendations. New York: Business Publications.
Erkan, I., & Evans, C. (2016). The influence of eWOM in social media on consumers' purchase intentions: An extended approach to information adoption. Computers in Human Behavior, 61, 47-55.
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833-5841.
Jayanti, S., & Muhlizar, M. (2020). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(3), 120-135.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi, 2(1), 24-35.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Boston: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Boston: Pearson Education.
Latief, A. (2018). Word of Mouth Communication in Marketing. Bandung: Alfabeta.
Lengkawati, S. (2021). Strategi Influencer Marketing dalam Era Digital. Jurnal Komunikasi dan Media, 12(1), 78-92.
Leo, R., Salean, D. Y., & Wijayanti, N. S. (2025). Pengaruh Influencer Marketing, Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Skintific di Kota Kupang. Jurnal Manajemen Universitas Nusa Cendana, 10(2), 15-32.
Lestiyani, A., & Purwanto, B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jurnal Pemasaran Digital, 8(1), 45-62.
Lie, S. (2022). Digital Marketing Strategies: The Power of Influencer Marketing. Jakarta: Media Komputindo.
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58-73.
Melissa, K., & Maria, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Kalangan Remaja. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 89-104.
Moy, R., Nyoko, A., & Fanggidae, R. (2021). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2(2), 161-173. https://doi.org/10.35508/glory.v2i2.4819
Novandalina, R., Prakoso, A., & Sari, D. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 17(3), 156-171.
Panie, A. N., Fanggidae, R. P. C., & Fanggidae, R. E. (2019). The Influence of Millenial Generation Lifestyle on Purchase Decisions Online in Shopee by Seeing Risk Perception as Moderating Variables. 103(Teams 19), 15–21. https://doi.org/10.2991/teams-19.2019.3
Sadevia, L., Rahman, F., & Putri, N. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Komunikasi Bisnis, 15(2), 78-95.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (3rd ed.). Jakarta: Kencana.
Setiadi, N. J. (2021). Consumer Behavior: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sonbay, J., Bunga, M., Amtiran, P., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH PROMOSI, HARGA, GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OTTOSTORE KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 365-380. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.11179
Smuda, F. (2018). The effectiveness of influencer marketing: Measuring the impact on consumer behavior. Journal of Digital Marketing, 6(4), 112-128.
Suswanto, P., & Maskan, M. (2020). Indikator Word of Mouth dalam Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Komunikasi, 14(1), 67-82.
Thania, R., & Anggarini, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Kalangan Milenial. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 13(2), 45-58.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Trusov, M., Bucklin, R. E., & Pauwels, K. (2009). Effects of word-of-mouth versus traditional marketing: Findings from an internet social networking site. Journal of Marketing, 73(5), 90-102.
Utami, R., Sari, P., & Dewi, L. (2022). Analisis Word of Mouth dalam Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Kewirausahaan, 9(1), 123-140.
Wardhani, A. (2020). Efektivitas Influencer Marketing dalam Era Digital. Jurnal Komunikasi Massa, 11(2), 89-105.