PENGARUH WORD OF MOUTH, SALURAN DISTRIBUSI DENGAN PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVEING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATAKO DI CV RAJAWALI KUPANG

Main Article Content

Agnes Boyani
Apriana H J Fanggidae
Nadia Sasmita Wijayanti
Markus Bunga

Abstract

Pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia telah mendorong meningkatnya kebutuhan akan material bangunan seperti batako. CV Rajawali sebagai salah satu produsen batako di Kota Kupang menghadapi tantangan dalam meningkatkan penjualan di tengah persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Word of Mouth dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian batako di CV Rajawali Kupang, dengan persepsi konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei terhadap 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth dan saluran distribusi berpengaruh positif terhadap persepsi konsumen, dan persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, Word of Mouth dan saluran distribusi juga memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui persepsi konsumen sebagai variabel intervening. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang memaksimalkan kekuatan Word of Mouth dan saluran distribusi yang efektif, serta membangun persepsi positif di kalangan konsumen, sangat penting untuk meningkatkan keputusan pembelian produk batako di CV Rajawali Kupang.                    


Kata KunciWord Of Mouth, Saluran Distribusi, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Boyani, A., Fanggidae, A., Wijayanti, N., & Bunga, M. (2025). PENGARUH WORD OF MOUTH, SALURAN DISTRIBUSI DENGAN PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVEING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATAKO DI CV RAJAWALI KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(6), 2221-2233. https://doi.org/10.70581/glory.v6i6.22709
Section
Articles

References

Amelia, D., Halim, A., & Junaeda. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fajar Bangunan Kabupaten Mamuju. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 325–332.
Arriana, P. I., Ervina, H., & Meiriyanti, R. (2025). Pengaruh Kualitas Informasi dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk iPhone Second di Semarang dengan Persepsi Konsumen sebagai Variabel Intervening. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas PGRI Semarang , Semarang , Indonesia Abstrak aku. 4(1), 41–55.
Buchari, Alma, (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Hajjar, S., Bakkareng, & Afrizoni, H. (2023). Pengaruh Marketing Mix Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Percetakan Paberta Jaya Padang. Jurnal Manajemen, 5(1), 63–75. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/834
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
J. Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama, Penerbit Kencana. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (Jilid I, Edisi ke-13). Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. PILAR, 11(1).
Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor Pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 561–572. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48635
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Robbins, Stephen P. (2011), Perilaku Organisasi. Edisi 12. Indek Kelompok Gramedia, Jakarta.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi,
Selang, C. A., Bauran Pemasaran, P., & Selang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 71(3), 71–80.
Setiadi, Nugroho J.2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Setiawan, R., & Ernawati, S. (2022). ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR MODERN ALFAMART KOTA BIMA. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Syariah, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.436
Sopiah, & Sangadji, E. M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Stephanie, & Siagian, M. (2025). YUME : Journal of Management Pengaruh Kepercayaan , Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Eljipi Global Servis. 8(1), 256–269.
Tjiptono, Fandy Ph. D, 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Yulliyanie, T., & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Bingas Manufacturing. ECo-Buss, 4(3), 505–515. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.283