Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Green Chemistry pada Praktikum Laju Reaksi di Laboratorium SMA
Abstract
Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis green chemistry pada praktikum laju reaksi di laboratorium SMA yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Indralaya dengan melibatkan 33 peserta didik. Model pengembangan Rowntree yang memiliki tiga tahapan: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Model pengembangan rowntree dimodifikasi dengan evaluasi formatif tessmer yang meliputi tahapan evaluasi diri, tinjauan ahli, uji coba satu lawan satu, kelompok kecil, dan uji lapangan. Dalam penelitian ini: wawancara, angket dan ujian hasil belajar digunakan sebagai metode pengumpulan data. Pada uji validitas pada tahap expert review aspek materi memperoleh nilai 0,875 (tinggi), aspek desain memperoleh nilai 0,868 (tinggi), dan unsur pedagogik memperoleh nilai 0,874 (tinggi). Temuan validitas tersebut sejalan dengan standar validitas Aiken. Berdasarkan kategori kepraktisan, nilai rata-rata untuk tahap one to one adalah 91,6 (sangat praktis), dan nilai rata-rata untuk tahap kelompok kecil adalah 94,81 (sangat praktis). Skor gain 0,90 (tinggi) dicapai pada tahap uji lapangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis green chemistry yang digunakan di laboratorium SMA untuk praktikum laju reaksi memenuhi persyaratan valid, praktis, dan efektif.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.