Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Green Chemistry pada Praktikum Laju Reaksi di Laboratorium SMA

  • Farah Attiyah Nurrahmah(1*)
    Program Studi pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya
  • Effendi Nawawi(2)
    Program Studi pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya
  • Hidayah Hidayah(3)
    SMAN 1 Indralaya
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Penelitian Pengembangan, LKPD, Green Chemistry, Praktikum

Abstract

Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis green chemistry pada praktikum laju reaksi di laboratorium SMA yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Indralaya dengan melibatkan 33 peserta didik. Model pengembangan Rowntree yang memiliki tiga tahapan: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Model pengembangan rowntree dimodifikasi dengan evaluasi formatif tessmer yang meliputi tahapan evaluasi diri, tinjauan ahli, uji coba satu lawan satu, kelompok kecil, dan uji lapangan. Dalam penelitian ini: wawancara, angket dan ujian hasil belajar digunakan sebagai metode pengumpulan data. Pada uji validitas pada tahap expert review aspek materi memperoleh nilai 0,875 (tinggi), aspek desain memperoleh nilai 0,868 (tinggi), dan unsur pedagogik memperoleh nilai 0,874 (tinggi). Temuan validitas tersebut sejalan dengan standar validitas Aiken. Berdasarkan kategori kepraktisan, nilai rata-rata untuk tahap one to one adalah 91,6 (sangat praktis), dan nilai rata-rata untuk tahap kelompok kecil adalah 94,81 (sangat praktis). Skor gain 0,90 (tinggi) dicapai pada tahap uji lapangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis green chemistry yang digunakan di laboratorium SMA untuk praktikum laju reaksi memenuhi persyaratan valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Nurrahmah, F., Nawawi, E., & Hidayah, H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Green Chemistry pada Praktikum Laju Reaksi di Laboratorium SMA. Jurnal Beta Kimia, 3(1), 24-32. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i1.11258

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.