Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbantuan Kinemaster pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA
Abstract
Peneltian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembagan Dick and Carrey yang dimodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud hasil pengembangan video pembelajaran kimia berbantuan kinemaster dan mengetahui tingkat validitas pada materi sistem koloid untuk siswa kelas XI SMA/MA. Prosedur pengembangan yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 4 tahap, yaitu: (1) menentukan materi yang akan dikembangkan, (2) melaksanakan desain dan pengembangan, (3) memproduksi software atau mengemas materi pembelajaran bahan ajar digital interaktif, dan (4) melakukan evaluasi formatif dan merevisi produk pengembangan. Evaluasi terhadap produk video pembelajaran kimia terdiri dari dua langkah utama, yaitu validasi atau uji ahli dan uji respon siswa sebagai pengguna. Uji ahli akan dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli instrumen, ahli materi dan ahli media. Uji coba terhadap produk video pembelajaran terdiri dari uji perorangan yang terdiri dari 3 orang, uji kelompok kecil 9 orang dan uji kelompok besar 30 orang mahasiswa semester satu pendidikan kimia Universitas Nusa Cendana Kupang. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap angket termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan keseluruhan 88,57%. Hasil validasi ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini, memiliki kategori sangat baik dengan persentase keidealan keseluruhan berturut-turut 86,33% dan 87,5%. Hasil penilaian uji perorangan terhadap video pembelajaran ini sangat baik dengan persentase keidealan 92%, uji kelompok kecil 93,11%, dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran ini sangat baik dengan persentase keidealan 92,90%.Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji coba yang terdiri atas uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran pada materi sistem koloid di SMA ini layak digunakan.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.