Pengembangan Video Pembelajaran Cooperative tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Game Ular Tangga pada Materi Laju Reaksi untuk SMA/MA
Abstract
Penelitian dengan judul pengembangan video pembelajaran cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA bertujuan untuk mengetahui wujud hasil dan kelayakan pengembangan video pembelajaran cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA. Pengembangan video pembelajaran mengikuti langkah-langkah model rancangan Four-D yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Prosedur yang ditempuh yaitu 3 langkah meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Develop. Produk video pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, selanjutnya diujicobakan pada peserta didik kelas IX IPA SMA Negeri 4 Kupang yang dikelompokkan dalam uji coba terbatas pada kelompok kecil dan uji coba secara luas pada kelompok besar. Hasil penilaian dari validator ahli materi terhadap kelayakan video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase keidealannya 88,26% dan hasil penilaian validator ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase keidealannya 91,76%, sedangkan penilaian produk berdasarkan respon dari peserta didik melalui uji coba kelompok menunjukkan bahwa video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase masing-masing 88,35% pada uji coba terbatas dan 93,50% pada ujiĀ coba secara luas. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan uji coba produk video pembelajaran pengembangan video pembelajaran Cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA menunjukkan bahwa video ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.