Pengembangan Video Pembelajaran Cooperative tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Game Ular Tangga pada Materi Laju Reaksi untuk SMA/MA
Abstract
Penelitian dengan judul pengembangan video pembelajaran cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA bertujuan untuk mengetahui wujud hasil dan kelayakan pengembangan video pembelajaran cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA. Pengembangan video pembelajaran mengikuti langkah-langkah model rancangan Four-D yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Prosedur yang ditempuh yaitu 3 langkah meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Develop. Produk video pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, selanjutnya diujicobakan pada peserta didik kelas IX IPA SMA Negeri 4 Kupang yang dikelompokkan dalam uji coba terbatas pada kelompok kecil dan uji coba secara luas pada kelompok besar. Hasil penilaian dari validator ahli materi terhadap kelayakan video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase keidealannya 88,26% dan hasil penilaian validator ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase keidealannya 91,76%, sedangkan penilaian produk berdasarkan respon dari peserta didik melalui uji coba kelompok menunjukkan bahwa video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase masing-masing 88,35% pada uji coba terbatas dan 93,50% pada uji coba secara luas. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan uji coba produk video pembelajaran pengembangan video pembelajaran Cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game ular tangga pada materi laju reaksi untuk SMA/MA menunjukkan bahwa video ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright is retained by the authors, and articles can be freely used and distributed by others.