Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Permainan Matcges Pada Materi Elektrokimia Kelas XI-IPA
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajaryang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik melalui implemnetasi pembelajaran Problem based Learning Terintegrasi Permaninan Matcges (Matching card Games-Siapa Tepat Siapa Cepat). Kegiatan penelitian dilakukan selama 2 siklus, yakni siklus I pada materi Sel Volta sebanyak 3 pertemuan, dan siklus II pada materi Korosi sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 34 peserta didik kelas XI Mipa-6. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pemberian angket/kuisioner kepada peserta didik yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran sedangkan hasil belajar diperoleh melalui hasi pretes dan postes peserta didik secara mandiri. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni deskripsi kualitatif. Kesimpulan dari hasil PTK yakni implementasi pembelajaran Problem based Learning terintegrasi Permainan Matcges (Matching Card games-Siapa Tepat Siapa Cepat) dapat meningkatkan motivasi belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi elektrokimia (Sel Volta dan Korosi), ditunjukkan dari hasil persentase rerata motivasi belajar sebelum perlakuan (kegiatan PTK) sebesar 54,23% menjadi 73,52% (siklus I) dan 93,20% (siklus II). Pada persentase rerata hasil belajar mengalami peningkatan dari sebelum perlakuan (kegiatan PTK) sebesar 54,15% menjadi 79,41% (siklus I) dan 94,12% (siklus II).
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.