Pengembangan Alat Peraga Drag Racing Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbantuan Model Inquiri Materi Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Kupang Timur
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Researct and Development) dengan model pengembangan IDDIE. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk Mengetahui cara mengembangkan alat peraga drag racing pembelajaran IPA, mengetahui kelayakan alat peraga drag racing pembelajaran IPA yang telah dikembangkan dan mengetahui aktivitas pembelajaran siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kupang Timur. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII D SMP Negeri Kupang Timur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penilaian ahli pakar Alat peraga dimana berdasarkan penilaian pakar ahli alat produk secara keseluruhan memperoleh presentase penilaian sebesar 90% dinyatakan “sangat layak”. Setelah alat peraga tersebut dimplementasikan, siswa juga menilai secara langsung alat tersebut, berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan siswa menyatakan alat peraga tersebut “sangat baik” dengan perolehan persentase sebesar 98,32%. Siswa juga sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hal ini bisa dilihat dari hasil penilaian melalui observasi yang dilakukan oleh peneliti dimana presentase penilaiannya mencapai 83,52% yang termasuk dalam kategori “sangat aktif” .
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.