Integrasi Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Saintifik pada Materi Larutan Penyangga
Integration of Science Process Skills in Scientific Learning on Buffer Solution Topic
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan pembelajaran saintifik, keterampilan proses sains, hasil belajar dan respon siswa pada pembelajaran larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, tes dan angket. Berdasarkan analisis diperoleh keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang dikategorikan baik dengan rata-rata 3,76 dengan reliabilitasnya 98%. Keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi Larutan Penyangga tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase 82%. Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang pada materi Larutan Penyangga dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 88. Respon siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang dalam pembelajaran saintifik tergolong dalam kategori baik dengan persentase 77%.
Downloads
References
N. Wegasanti, D. An, And N. Maulida, “Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ipa Smp.”
T. Dervia Jaya, M. B. Tukan, And F. Komisia, “Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga,” Educ. J. Pendidik., Vol. 1, No. 2, Pp. 359–366, 2022, Doi: 10.56248/Educativo.V1i1.44.
M. Masita, A. Putri, P. Sinulingga, And T. J. Hartanto, “Implementasi Pembelajaran Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Sma Topik Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke.”
F. Fitriana, Y. Kurniawati, And L. Utami, “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory,” Jtk (Jurnal Tadris Kim., Vol. 4, No. 2, Pp. 226–236, Dec. 2019, Doi: 10.15575/Jtk.V4i2.5669.
T. Wariani, A. Bunga Naen, And Y. D. Lawung, “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Pokok Koloid.”
V. H. B. Hayon, M. Aloisia, U. Leba, M. B. Tukan, H. Rosina, And M. I. Bubu, “Implementasi Lkpd Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Asam- Implementation Of Student Worksheets Based On Local Potential In Acid-Based Materials By Scientific Learning Methods,” Vol. 12, No. 2, 2023.
J. Afriana, A. Permanasari, And A. Fitriani, “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender,” J. Inov. Pendidik. Ipa, Vol. 2, No. 2, P. 202, Oct. 2016, Doi: 10.21831/Jipi.V2i2.8561.
A. M. Rosad, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah,” Tarbawi J. Keilmuan Manaj. Pendidik., Vol. 5, No. 02, P. 173, Dec. 2019, Doi: 10.32678/Tarbawi.V5i02.2074.
Y. E. Ika Et Al., “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Negeri 1 Mauponggo The Application Of Scientific Approach In Improving Science Process Skill Student Of Sma Negeri 1 Mauponggo In Academic Year,” 2019. [Online]. Available: Http://E-Journal.Ups.Ac.Id/Index.Php/Psej
B. Jurnal Pendidikan Biologi And A. Lepiyanto, “Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum”.
A. Dan Et Al., “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Materi Redoks Pada Siswa Kelas X Ms 5 Sma Negeri 2 Banjarmasin.”
B. Kimia And N. Minas, “Humantech Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia,” Vol. 2, No. 1, Pp. 176–182, 2022.
N. Nureva And S. Mariyana, “Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sdn 3 Jatimulyo,” J. Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), Vol. 3, No. 6, P. 1322, Nov. 2019, Doi: 10.33578/Pjr.V3i6.7895.
M. A. U. Leba, V. H. B. Hayon, M. B. Tukan, H. R. Bria, And M. I. Bubu, “Implementation Of Student Worksheets Based On Local Potential In Acid-Based Learning,” Unesa J. Chem. Educ., Vol. 12, No. 2, Pp. 156–163, 2023, Doi: 10.26740/Ujced.V12n2.P156-163.
Y. Anggraeni Et Al., “Sebelas April Elementary Education (Saee) Upaya Menigkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Bermain Peran (Role Playing) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Jenis-Jenis Pekerjaan,” Vol. 1, No. 3, 2022, [Online]. Available: Https://Ejournal.Unsap.Ac.Id/Index.Php/Saeetlp.
M. H. Jima, M. Samin, And M. H. Hasan, “Perilaku Peduli Lingkungan Pada Masyarakat Di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang,” 2021.
Copyright (c) 2024 Kristina Nirma Yanti, Aloysius Masan Kopon, Maria Aloisia Uron Leba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.