Hubungan Antara Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran yang Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Laju Reaksi

The Relationship Between Interest and Learning Outcomes in Learning That Applies the Discovery Learning Approach to Reaction Rate Material

  • Isdora Vergina Dawis(1*)
    Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Anselmus Boy Baunsele(2)
    Dosen Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Theresia Boy Wariani(3)
    Dosen Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: minat, discovery learning, hasil belajar, hubungan minat dan hasil belajar

Abstract

Tujuan yang dilaporkan dalam artikel ini adalah mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, untuk mengetahui minat belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa, untuk mengetahui hubungan antara minat dan hasil belajar pada pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Sint Carolus Kupang yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan: kemampuan guru dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning  dikategorikan sangat baik, dengan perolehan rata-rata 3,83 dan reliabilitas 98,5%, minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning termasuk dalam kategori baik, dengan presentasi rata-rata sebesar 77%, hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  tergolong tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 87, hubungan antara minat dan hasil belajar pada pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning adalah adanya hubungan yang signifikan antara minat dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi r = 0,36 sehingga diperoleh ttabel = 2,085, dan   thitung ≤ ttabel atau 1,66 ≤ 2,085. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka minat siswa terhadap materi laju reaksi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  tergolong baik dan  antara minat dan hasil belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. Wasitohadi, “Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis,” SW, vol. 30, no. 1, p. 49, Jun. 2014, doi: 10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61.

A. Masang, “Hakikat Pendidikan,” vol. 1, no. 1, pp. 14–31, Jun. 2021.

D. Herdiansyah and P. S. Kurniati, “Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia Di Kota Bandung,” Agregasi, vol. 8, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.34010/agregasi.v8i1.2765.

A. K. Anam, A. T. Rumiati, and V. Ratnasari, “Klasterisasi Mutu Pendidikan SMA di Indonesia dan Analisis Pola Hubungan Antar Standar Nasional Pendidikan pada Masing-Masing Klaster Menggunakan SEM-PLS,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.12962/j23373520.v9i2.58212.

A. B. Baunsele et al., “Peningkatan Pemahaman Terhadap Ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe,” Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 4, Art. no. 4, Dec. 2020, doi: 10.36257/apts.v3i4.2959.

R. A. Bayu, S. U. R. Setria, and I. M. Isti, “Pemanfaatan Pojok Bacaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN Pilang,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2023.

T. W. Wora, A. B. Baunsele, A. G. Sooai, and M. Nitsae, “Pemanfaatan Media Gambar untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” ainj, vol. 4, no. 3, pp. 143–150, Dec. 2023, doi: 10.54371/ainj.v4i3.295.

E. Refiyani and B. Hastuti, “Hubungan Minat Belajar Kimia Materi Laju Reaksi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 11, no. 1, 2022.

K. Ardiman, M. B. Tukan, and A. B. Baunsele, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka,” jbk,vol. 1, no. 1, 2021.

D. Londa, M. B. Tukan, A. M. Kopon, and A. B. Baunsele, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Praktikum pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 3 Kupang,” jbk, vol. 3, no. 2, pp. 29–36, Dec. 2023, doi: 10.35508/jbk.v3i2.12291.

A. Djalo, H. Missa, S. Ndukang, and A. B. Baunsele, “Efektivitas Model Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Beach Ball Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik,” JPP, vol. 9, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.18592/ptk.v9i1.9621.

S. Sudirman, Y. Yusnaeni, I. V. Agustina, M. Y. Y. Tanggal, and F. X. Balu Lowa, “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Kerjasama Peserta Didik melalui Lesson Study Berbasis Model Discovery Learning,” jbk, vol. 3, no. 1, pp. 17–23, May 2023, doi: 10.35508/jbk.v3i1.11349.

M. G. Jayadiningrat and K. A. A. Putra, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 3, no. 2, 2019.

I. Paul, T. Wariani, and E. G. Boelan, “Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri,” 2022.

R. M. Karina, A. Syafrina, and S. Habibah, “Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar,” vol. 2, 2017.

R. Bere, T. Wariani, and E. G. Boelan, “Pengaruh Minat Tehadap Hasil Belajar Koloid Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning,” ED, vol. 11, no. 1, pp. 128–132, Dec. 2022, doi: 10.37081/ed.v11i1.4249.

A. Nugrahaeni, I. W. Redhana, and I. M. A. Kartawan, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia,” JPK, vol. 1, no. 1, p. 23, Dec. 2017, doi: 10.23887/jpk.v1i1.12808.

A. Setiawan, W. Nugroho, and D. Widyaningtyas, “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping,” Tangg Jurn Rist & Inov Pend Dasr, vol. 2, no. 2, pp. 92–109, May 2022, doi: 10.55933/tjripd.v2i2.373.

M. P. Asafa, V. H. B. Hayon, M. B. Tukan, and A. B. Baunsele, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Materi Larutan Penyangga,” jbk, vol. 3, no. 2, pp. 57–66, Dec. 2023, doi: 10.35508/jbk.v3i2.12431.

I. A. Suek, F. Komisia, and A. B. Baunsele, “Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Free Discovery Dan Guided Discovery Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X Ipa,” DL, vol. 5, no. 2, p. 30, Nov. 2022, doi: 10.31602/dl.v5i2.8059.

Y. Hulu and Y. N. Telaumbanua, “Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 283–290, 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.39.

O. M. Rohmah, “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang),” vol. 2, no. 1, 2019.

PlumX Metrics

Published
2024-05-17
How to Cite
Dawis, I., Baunsele, A., & Wariani, T. (2024). Hubungan Antara Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran yang Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Laju Reaksi. Jurnal Beta Kimia, 4(1), 48-57. https://doi.org/10.35508/jbk.v4i1.15025

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.