Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia
Implementation of a Scientific Approach to Improve Learning Outcomes in Chemical Equilibrium Material
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dan hasil belajar siswa dalam implementasikan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI IPA SMAS Katolik St. Markus Pateng. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI IPA SMAS Katolik St. Markus Pateng dikategorikan dalam kriteria baik dengan perolehan rata-rata sebesar 3,79 dengan reliabilitasnya 95%. Hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia adalah dinyatakan tuntas karena nilai rata-rata yang diperoleh ≥ nilai KKM, yang dimana nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85 dan KKM nya 75. Hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan dalam pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik dinyatakan meningkat yang dilihat dari N-gain rata-rata adalah 0,68 dengan kriteria peningkatan sedang.
Downloads
References
Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto,” vol. 1, no. 1, pp. 24–44, 2013.
Ade Rimelda Sibuea & Elfia Sukma, “Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli,” J. Basic Educ. Stud., vol. volume.4, no. 1, p. h. 2347., 2021.
A. Reichenbach et al., “Pengembangan Modul Kimia Berbasis Unity Of Sciences Dan Multi Level Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia,” Prog. Retin. Eye Res., vol. 561, no. 3, pp. S2–S3, 2019.
T. D. Jaya, M. B. Tukan, and F. Komisia, “Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga,” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 359–366, 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i2.44.
V. H. B. Hayon, M. Aloisia, U. Leba, M. B. Tukan, H. Rosina, and M. I. Bubu, “Implementasi Lkpd Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Asam- Implementation Of Student Worksheets Based On Local Potential In Acid-Based Materials By Scientific Learning Methods,” vol. 12, no. 2, 2023.
T. Wariani, A. B. Naen, and Y. D. Lawung, “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Materi Pokok Koloid,” J. Pendidik. Kahuripan, vol. 1, no. 2, pp. 72–87, 2018.
Vinsensius Polli, “Efektivitas Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa,” J. Pendidik. Mipa, vol. 12, no. 3, pp. 814–819, 2022, doi: 10.37630/jpm.v12i3.692.
M. A. U. Leba, F. Komisia, and M. B. Tukan, “Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang,” To Maega J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, p. 124, 2021, doi: 10.35914/tomaega.v4i2.572.
S. Rohmah, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih,” vol. 21, no. 1, pp. 9–54, 2019.
Yulizar, “Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Keluarga Besarku Siswa Kelas I SD Negeri 3 Banda Aceh,” vol. V, no. 1, pp. 75–84, 2017.
F. Ibda, “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget,” Intelektualita, vol. 3, no. 1, 2015.
Zhou, Yang, and Wang, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Perkembangan Politik Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Ix Mtsn 3 Cirebon,” file:///C:/Users/VERA/Downloads/askep_agregat_anak_and_remaja_print.docx, vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
M. F. Timun, T. Wariani, M. Aloisia, and U. Leba, “Hubungan Sikap Responsif Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Redoks,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 4, pp. 51–55, 2021, [Online]. Available: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2984
A. Banawi, “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning,” Biosel Biol. Sci. Educ., vol. 8, no. 1, p. 90, 2019, doi: 10.33477/bs.v8i1.850.
R. Desriyanti, “Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, doi: 10.15575/jta.v1i2.1236.
M. Masy and D. Lestarani, “Pengembangan e-Modul Pembelajaran Kimia menggunakan Software Flipbook HTML5 pada Materi Termokimia Terintegrasi Etnosains Kelas XI SMA/MA”, jbk, vol. 2, no. 2, pp. 49-56, Dec. 2022. DOI: https://doi.org/10.35508/jbk.v2i2.9372
M. Asafa, V. Hayon, M. Tukan, and A. Baunsele, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Materi Larutan Penyangga”, jbk, vol. 3, no. 2, pp. 57-66, Dec. 2023. DOI: https://doi.org/10.35508/jbk.v3i2.12431
Copyright (c) 2024 Selfiana Fotiarti Tomo, Maria Aloisia Uron Leba, Yanti Rosinda Tinenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.