pH dan Waktu Kontak Adsorpsi Ion Logam Cu(II) menggunakan Adsorben Silika yang Bersumber dari Pasir Alam Takari

  • Johnson N. Naat(1*)
    Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Lidia Graciana Kefi(2)
    Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Yosep Lawa(3)
    Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Adsorpsi, EDTA, Optimum pH, waktu kontak, Cu(II) silika, Pasir alam Takari

Abstract

Tulisan ini melaporkan pH dan waktu kontak optimum adsorpsi ion logam Cu(II) menggunakan adsorben silika yang diekstraksi dari pasir alam Takari. Penelitian ini dilakukan melalui preparasi sampel, proses ekstraksi silika menggunakan metode hidrotermal dan kopresipitasi, penentuan pH optimum dan waktu kontak adsorpsi ion logam Cu(II) menggunakan spektrofotometer UV-Vis dengan pereaksi EDTA sebagai pengompleks. Variasi pH yang digunakan adalah 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 sedangkan variasi waktu kontak yang digunakan adalah 20, 40, 60, 80, dan 100 menit.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH optimum untuk adsorpsi ion logam Cu(II) adalah pada pH 6 dengan kapasitas adsorpsi 7,958 mg/g, sedangkan waktu kontak optimum adalah 60 menit dengan kapasitas adsorpsi 10,597 mg/g.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-20
How to Cite
Naat, J., Kefi, L., & Lawa, Y. (2021). pH dan Waktu Kontak Adsorpsi Ion Logam Cu(II) menggunakan Adsorben Silika yang Bersumber dari Pasir Alam Takari. Jurnal Beta Kimia, 1(1), 43-51. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i1.7683

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.