Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA/MA

  • Rifaldo Landu Praing(1*)
    Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Lolita A. M. Parera(2)
    Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Heru Christianto(3)
    Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Lamtiar Ferawaty Siregar(4)
    Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Animaker.com, Microsoft Power Point dan Aplikasi VN (Vlog Now)

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan  judul  pengembangan  video pembelajaran

berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui  wujud  pengembangan video pembelajaran  yang dihasilkan berbasis  Animaker pada  materi  kesetimbangan kimia  di  SMA/MA dan  untuk  mengetahui  kelayakannya. Video pembelajaran  berbasis  animaker dibuat  menggunakan  Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi  VN. Penelitian  pengembangan ini dilakukan mengikuti  alur model rancangan  dari  Sugiyono  dengan  sedikit   penyesuaian.  Prosedur  untuk  menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi danmasalah,  (2) pengumpulan  data, (3) desain produk, (4)  validasi  produk, (5) revisi produk, (6)  uji coba produk (skala  kecil), (7) revisi produk, (8)  uji coba produk (skala  besar).  Hasil penilaian  ahli materi dan ahli media terhadap  kelayakan video pembelajaran  ini memiliki  kategori  sangat  baik  dengan presentase  keidealan  keseluruhan masing-masing 87,71% untuk  ahli materi  dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animakerini sangat baik dengan persentase  keidealan  100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap   video  pembelajaran   berbasis   animaker  ini  sangat   baik   dengan   persentase keidealan  100%. Berdasarkan  hasil penilaian  uji ahli dan uji lapangan  yang terdiri atas uji kelompok  kecil  dan uji kelompok  besar terhadap  video pembelajaran  berbasis  animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rifaldo Landu Praing, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

Telah dilakukan penelitian dengan  judul  pengembangan  video pembelajaran

 

berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui  wujud  pengembangan video pembelajaran  yang dihasilkan berbasis  Animaker pada  materi  kesetimbangan kimia  di  SMA/MA dan  untuk  mengetahui  kelayakannya. Video pembelajaran  berbasis  animaker dibuat  menggunakan  Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi  VN. Penelitian  pengembangan ini dilakukan mengikuti  alur model rancangan  dari  Sugiyono  dengan  sedikit   penyesuaian.  Prosedur  untuk  menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi danmasalah,  (2) pengumpulan  data, (3) desain produk, (4)  validasi  produk, (5) revisi produk, (6)  uji coba produk (skala  kecil), (7) revisi produk, (8)  uji coba produk (skala  besar).  Hasil penilaian  ahli materi dan ahli media terhadap  kelayakan video pembelajaran  ini memiliki  kategori  sangat  baik  dengan presentase  keidealan  keseluruhan masing-masing 87,71% untuk  ahli materi  dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animakerini sangat baik dengan persentase  keidealan  100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap   video  pembelajaran   berbasis   animaker  ini  sangat   baik   dengan   persentase keidealan  100%. Berdasarkan  hasil penilaian  uji ahli dan uji lapangan  yang terdiri atas uji kelompok  kecil  dan uji kelompok  besar terhadap  video pembelajaran  berbasis  animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
How to Cite
Praing, R., Parera, L., Christianto, H., & Siregar, L. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA/MA. Jurnal Beta Kimia, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i2.9186

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.