Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA/MA
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul pengembangan video pembelajaran
berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran yang dihasilkan berbasis Animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA dan untuk mengetahui kelayakannya. Video pembelajaran berbasis animaker dibuat menggunakan Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN. Penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur model rancangan dari Sugiyono dengan sedikit penyesuaian. Prosedur untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi danmasalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk (skala kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba produk (skala besar). Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 87,71% untuk ahli materi dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animakerini sangat baik dengan persentase keidealan 100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright is retained by the authors, and articles can be freely used and distributed by others.