Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA/MA
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul pengembangan video pembelajaran
berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran yang dihasilkan berbasis Animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA dan untuk mengetahui kelayakannya. Video pembelajaran berbasis animaker dibuat menggunakan Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN. Penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur model rancangan dari Sugiyono dengan sedikit penyesuaian. Prosedur untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi danmasalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk (skala kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba produk (skala besar). Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 87,71% untuk ahli materi dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animakerini sangat baik dengan persentase keidealan 100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.