Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka

  • Kanisius Ardiman Pendidikan Kimia-Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria B. Tukan Pendidikan Kimia-Universitas Katolik Widya Mandira
  • Anselmus Boy Baunsele Pendidikan Kimia-Universitas Katolik Widya Mandira
Keywords: Validasi, Hasil belajar siswa, Respon siswa

Abstract

Media video pembelajaran  merupakan media yang cocok untuk berbagai macam pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.  Dengan penggunaan  media video pembelajaran berbasis praktikum  ini peserta didik akan dipermudah dalam memahami materi, karena video pembelajaran ini dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan keinginan siswa.  Tujuan penelitian ini adalah  untuk (1) Mengetahui validitas media video pembelajaran berbasis praktikum materi Titrasi Asam Basa dalam pembelajaran daring kelas XI SMAN 5 Pocoranaka (2)  Mengetahui perolehan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Pocoranaka dalam pembelajaran daring materi Titrasi Asam Basa dengan menggunakan media video pembelajaran berbasis praktikum (3) Mengetahui respon siswa kelas XI SMAN 5 Pocoranaka dalam pembelajaran daring yang menggunakan media video pembelajaran berbasis praktikum  materi Titrasi Asam Basa.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development).  Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implentation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media video pembelajaran, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari analisis data diperoleh (1) Media video pembelajaran berbasis praktikum yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak/sangat valid  (2) Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 81,77 (3) Respon siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media video pembelajaran berbasis praktikum tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 94,75%.

Published
2021-05-31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.