Uji Fitokimia dan Aktivitas Tabir Surya Ekstrak Etil Asetat Teripang Hitam (Holothuria edulis) Asal Perairan Semau

  • I Gusti Made Budiana(1*)
    Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Uji, Fitokimia, esktrak teripang, tabir surya

Abstract

Teripang Hitam (Holothuria edulis) merupakan hewan laut yang banyak terdapat di Perairan Pulau Semau Kabupaten Kupang, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada penelitian ini dilakukan uji fitokimia dan  uji aktivitas tabir surya ekstrak petroleum eter dan ekstrak etil asetat teripang hitam (Holothuria edulis) menggunakan spektroskopi ultraviolet-tampak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas tabir  surya  ekstrak  petroleum  eter  dan  ekstrak  etil  asetat  teripang  hitam (Holothuria edulis) sebagai tabir surya yang dilihat dari nilai SPF-nya. Ekstraksi yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  maserasi  dengan pelarut petroleum eter dan etil asetat, kemudian dievaporasi untuk memperoleh ekstrak pekat. Ekstrak pekat yang diperoleh digunakan untuk uji metabolit sekunder dan uji aktivitas tabir surya yang dilihat dari nilai Sun Protection Factor (SPF). Nilai SPF ditentukan dengan mengukur absorbansi ekstrak dalam beberapa variasi konsentrasi menggunakan spektroskopi UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ekstrak etil asetat teripang hitam (Holothuria edulis) memiliki aktivitas sebagai tabir surya, dengan nilai SPF . 12,189  (proteksi maksimal) pada konsentrasi 50 ppm.  

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-06-06
How to Cite
Budiana, I. G. (2023). Uji Fitokimia dan Aktivitas Tabir Surya Ekstrak Etil Asetat Teripang Hitam (Holothuria edulis) Asal Perairan Semau. Jurnal Beta Kimia, 3(1), 72-78. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i1.11908

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.