Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Materi Larutan Penyangga
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir pada level yang kompleks, untuk melakukan analisis, menciptakan dan menggunakan kriteria secara obyektif, dan melakukan evaluasi data. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk mengkonstruksikan pengetahuannya melalui kegiatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik, mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik, mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik , serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok Larutan Penyangga siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah 36 orang. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saitifik efektif yakni (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik, (b) ketuntasan hasil belajar KI 3 dan KI 4 dinyatakan tuntas, (2) kemampuan berpikir kiritis peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2022/2023 termasuk dalam ketegori baik, (3) ada hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan saintifik, (4) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan saintifik.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.