Analisis Pemahaman Kimia dan Keterampilan Proses pada Kurikulum Merdeka Fase F Topik Asam-Basa SMA/MA
Abstract
Penyusunan perangkat pembelajaran mengalami beberapa perbaikan yang disebabkan adanya pergantian kurikulum diantaranya K-13 yang dahulunya terdapat kompetensi dasar (KD) sekarang beralih menjadi capaian pembelajaran (CP). Capaian pembelajaran (CP) pada naskah pembelajaran terdapat tiga yaitu, CP pembelajaran kimia secara umum, CP kimia per fase, dan CP per elemen. CP per elemen terdiri dari pemahaman kimia dan keterampilan proses untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai permendikbud No. 7 Tahun 2022 tentang standar isi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis capaian pembelajaran (CP) untuk pemahaman kimia dan keterampilan proses kurikulum Merdeka yang tercantum dalam BSKAP Nomor 033/H/KR/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu studi pustaka dan analisis capaian pembelajaran dilakukan dengan cara membedakan, mengorganisasikan dan menemukan pesan tersirat pada CP. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) analisis capaian pembelajaran(CP) Fase F; (2) analisis penurunan CP menjadi Tujuan Pembelajaran (TP); (3) analisis hirarki materi pada topik asam basa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright is retained by the authors, and articles can be freely used and distributed by others.